Amalan Ringan Ini, Pahalanya Mengalir Terus Hingga Hari Kiamat

Kamis, 10 September 2020 - 08:18 WIB
loading...
A A A
Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ أَنَسٍ رَ ضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ : سَبْعٌ يَجْرِي لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ : مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا أَوْ أَجْرَى نَهْرًا أَوْ حَفَرَ بِئْرًا أَوْ غَرَسَ نَخْلاً أَوْ بَنَى مَسْجِدًا أَوْ وَرَّثَ مُصْحَفًا أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Dari Anas radhiyallahu anhu , beliau mengatakan, ” Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) : Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanamkan kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf atau meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal. (Hadis ini diriwayatkan oleh al-Bazzar dalam Kasyful Astâr, hadis ini dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam shahihul Jami’)

3. Doa anak yang saleh

Menjadi anak yang senantiasa mendokan orang tuanya. Anak yang saleh pasti akan terus mengenang jasa kedua orang tuanya sehingga tidak akan berhenti untuk senantiasa mendoakan orang tuanya untuk mendapatkan kebaikan di akhirat.

(Baca juga : Kemendagri Tegur 69 Petahana Pelanggar Protokol Kesehatan )

Itulah amalan ringan, yang tidak akan terputus pahalanya. Oleh karena itu mari kita manfaatkan dengan baik kesempatan hidup yang masih Allah berikan kepada kita, karena manusia tidak tahu sampai kapan dia akan hidup.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)