Perintah Tawakkal dalam Ayat-Ayat Al-Qur'an

Sabtu, 12 September 2020 - 15:11 WIB
loading...
A A A
“Mengapa kami tidak akan bertawakkal kepada Allah Padahal Dia telah menunjukkan jalan kepada kami, dan kami sungguh-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang kamu lakukan kepada kami. dan hanya kepada Allah saja orang-orang yang bertawakkal itu, berserah diri.”

(Baca juga : Satpol PP Tunggu Arahan Gubernur DKI Soal Aturan PSBB Total )

8. Tawakal dalam peperangan (QS Al-Imran : 121-122)

Allah Ta'ala berfirman :

“Dan (ingatlah), ketika engkau (Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur orang-orang beriman pada pos-pos pertempuran. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui, ketika dua golongan dari pihak kamu ingin (mundur) karena takut, padahal Allah adalah penolong mereka. Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.”(QS Ali Imran : 121-122)

Perang merupakan sesuatu yang sedapat mungkin dihindari oleh manusia, karenanya RasullullahShallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya lebih memilih hijrah ke Madinah ketimbang menimpali permusuhan orang-orang kafir di Mekah. Namun, ketika sudah berhijrah ternyata orang-orang kafir itu tetap ingin berperang. Bila sudah demikian, kaum muslimin harus mau berperang, bahkan Allah mewajibkannya. Oleh karena itu, kesiapan berperang harus dilakukan oleh kaum muslimin, baik persiapan yang bersifat fisik, mental, pendanaan, maupun keterampilanan berperang serta dibarengi dengan permohonan kepada Allah Ta'ala agar memperoleh kemenangan.

Demikianlah beberapa ayat dalam Al-Qur'an yang memerintahkan kita sebagai hambanya bertawakkal dalam setiap keadaan dan masalah yang dihadapi.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)