Muslimah, Hati-hati dengan Tathayyur dan Tasya'um

Kamis, 24 September 2020 - 17:37 WIB
loading...
Muslimah, Hati-hati dengan Tathayyur dan Tasyaum
Setiap muslimah, wajib bertawakkal kepada Allah azza wajalla dan tidak mengarahkan pendangannya ke masalah-masalah tersebut yang tidak akan bermanfaat bagi Allah sedikitpun. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setan dapat melakukan berbagai cara untuk menjerumuskan manusia dalam lembah dosa. Salah satu sasaran empuk bagi setan adalah kaum perempuan . Bahkan setan sangat mengetahui bagaimana kecenderungan nafsu para perempuan ini sehingga mereka memanfaatkan hal tersebut agar mereka berbuat dosa .

Salah satu pintu setan menggoda perempuan adalah dalam masalah akidah. Bentuk penyelewengan dalam masalah akidah ini, tanpa disadari sering dikerjakan oleh sebagian kaum perempuan yakni adalah tathayyur (menggantungkan nasib dengan burung) dan tasya'um (menganggap sial). Karena hal tersebut akan menghilangkan tawakkal atau mengurangi kesempurnaannya.

(Baca juga : Haruskah Malu kepada Malaikat? )

Dari Imran bin Husain radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ، أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ سَحَرَ أَوْ سُحِرَ لَهُ

"Bukanlah termasuk golongan kami orang yang melakukan tathayyur atau meminta orang lain melakukan tathayyur baginya, mempraktekkan perdukunan atau mendatangi dukun, melakukan perbuatan sihir atau mendatangi tukang sihir (Dikeluarkan oleh al-Bazzar dan Thabrani dalam al-Kabir. Lihat as-Silsilatus)

(Baca juga : Siapa yang Berhak Memandikan Jenazah Perempuan? )

Dari Abu Darda radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

لَنْ يَلِجَ الدَّرَجَاتُ الْعُلَى مَنْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ رَجَعَ مِنْ سَفَرٍ تَطَيُّرًا

"Tidak akan mencapai derajat yang tinggi bagi siapa saja yang mempraktekkan perdukunan atau mendatangi dukun, ataupun membatalkan perjalanannya karena tathayyur (Diriwayatkan oleh Abu Tamam dalam al-Fawaid)

Bentuk penyelewengan akidah yang dilakukan perempuan ini, dijelaskan dalam kitab "“Mukhalafaat Nisaiyyah”, 100 Mukhalafah Taqa’u fiha al-Katsir Minan Nisa-i bi Adillatiha Asy-Syar’iyyah”, karya Abdul Lathif bin Hajis al-Ghomidi. Menurut Al-Ghomidi, bentuk tathayyur yang dilakukan kaum perempuan itu bermacam-macam.

(Baca juga : Isteri Berhak Meminta Nafkah Halal )

Di antara mereka ada yang menganggap sial karena hari-hari, tahun, dan bulan tertentu, seperti bulan shafar. Ada pula yang menganggap sial bilangan atau nomor-nomor tertentu, seperti nomer tujuh, sebelas, dan tiga belas. Yang lain ada yang menganggap sial jika melihat orang-orang tertentu, seperti melihat orang yang tidak ia sukai, atau pengumuman-pengumuman, warna-warna, kejadian-kejadian, tempat-tempat, lafazh-lafazh, bintang-bintang, hewan-hewan, dan mimpi. Perbuatan-perbuatan tersebut, semuanya dan sejenisnya hanya akan menafikkan kesempurnaan iman dan menodai kemurnian tauhid.

Dari Abu Hurairah diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

لاَ عَدْوَى وَلاَ طِيَرَةَ وَلاَ صَفَرَ وَلاَ هَامَةَ

"Tidak ada ‘adwa (meyakini bahwa penyakit dapat menular sendiri tanpa takdir Allah), tidak "Tada thiyarah (menganggap sial karena melihat burung), tidak ada shafar (menganggap sial bulan shafar) dan hamah (meyakini bahwa tulang-tulang mayit menitis ke burung hantu) (Shahih Sunan Abi Dawud)

(Baca juga : Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi COVID-19 )

Maka setiap muslimah, wajib bertawakkal kepada Allah azza wajalla dan tidak mengarahkan pendangannya ke masalah-masalah tersebut yang tidak akan bermanfaat bagi Allah sedikitpun. Hendaknya ia menyandarkan hatinya hanya kepada Allah Rabbnya, kerena tidak ada yang memiliki kunci-kunci segala permasalahan dan mengurusi segala keadaan, begitu pula kebaikan, keburukan, dan yang bisa memberikan manfaat maupun menolak madharat selain Allah azza wa jalla.

Allah Ta'ala berfirman,

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu (Qs. Ath-Thalaq : 3)

(Baca juga : Hilirisasi Jadi Kunci Pemanfaatan Hasil Tambang yang Optimal )

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ (ثَلَاثًا) وَفِي رِوَايَةٍ قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ رَدَّتْهُ الطِّيَرَةُ فَقَدْ قَارَفَ الشِّرْكَ

Thiyarah itu termasuk perbuatan syirik, (beliau mengucapkannya tiga kali). dalam sebuah riwayat disebutkan, “Barangsiapa mengurungkan niatnya karena thiyarah, maka ia telah melakukan kesyirikan (Diriwayatkan oleh Ibnu Wahab dalam al-Jami’ dan al-Bazzar)

(Baca juga : 4.634 Kasus Baru Covid-19, Ini Sebarannya di 34 Provinsi )

Wallahu A’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)