Mengenal Makanan Kesukaan Rasulullah

Tsarid, Menu Sehat yang Sering Dimasak Aisyah

loading...
Tsarid, Menu Sehat yang Sering Dimasak Aisyah
Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahuanha, sering memasak sayuran labu yang dicampur daging dan roti. Makanan ini adalah makanan favorit yang disukai Rasulullah. Foto ilustrasi/ist
Gaya hidup sehat sudah menjadi gaya hidup baru di era saat ini. Semua orang terus mengkampanyekan gerakan hidup sehat ini di semua kalangan. Dan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sudah melakukan 1.500 tahun yang lalu.

Lantas, apa saja makanan sehat yang digemari Rasulullah ini? Rasulullah sangat menyukai daging, sayuran dan buah-buahan. Tentang makanan yang disukai Rasulullah ini, Imam Al-Ghazali menjelaskannya dalam kitab 'Mutiara Ihya’ Ulumuddin’.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Daging itu dapat menambah pendengaran, dan itu merupakan makanan utama di dunia dan di akhirat. Seandainya aku memohon kepada Tuhanku agar Dia memberiku makanan daging setiap hari, niscaya Dia akan memberi.”

(Baca juga :Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?)



Kemudian, Rasulullah pun biasa makan roti berkuah dengan daging dan labu air. Beliau menyukai labu air, dan Beliau berkata bahwa labu air itu adalah pohon saudaranya, Yunus alaihissalam.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa Aisyah radhiyalahu'anha berkata, “Jika kamu memasak sayur, perbanyaklah di dalamnya labu air, karena labu air dapat menguatkan hati orang yang susah.”

"Itulah tsarid yang merupakan salah satu makanan kesukaan Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam,"Ungkap Ustad Zaidul Akbar, seorang dokter yang kini berdakwah itu di laman instagram pribadinya. Tsarid seperti yang digambarkan Aisyah radhiyallahu'anha ini merupakan campuran roti gandum dan sayuran dengan kuah daging di atasnya.



(Baca juga :Berkata Kotor dan Keji, Dosa yang Sering Diremehkan)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَكَذٰلِكَ جَعَلۡنَا لِكُلِّ نَبِىٍّ عَدُوًّا شَيٰطِيۡنَ الۡاِنۡسِ وَالۡجِنِّ يُوۡحِىۡ بَعۡضُهُمۡ اِلٰى بَعۡضٍ زُخۡرُفَ الۡقَوۡلِ غُرُوۡرًا‌ ؕ وَلَوۡ شَآءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوۡهُ‌ فَذَرۡهُمۡ وَمَا يَفۡتَرُوۡنَ
Demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan-setan dari jenis manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Dan kalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukannya, maka biarkanlah mereka bersama kebohongan yang mereka ada-adakan.

(QS. Al-An’am:112)
cover bottom ayah
preload video