7 Amalan Setelah Berwudhu dan Keutamaannya

loading...
7 Amalan Setelah Berwudhu dan Keutamaannya
Setelah selesai berwudhu disunnahkan menghadap kiblat berdoa mengangkat kedua tangan, seraya pandangan mata ke arah langit. Foto/Ist
Berwudhu merupakan suatu amalan yang tidak bisa lepas dari seorang muslim karena wudhu merupakantermasuk syarat salat seorang hamba diterima Allah Ta'ala. Hal ini dijelasskan dalam hadis Nabi berikut:

لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

"Allah tidak akan menerima salat seseorang diantara kamu, apabila ia masih berhadas sehingga orang itu mengambil wudhu." (HR. Al-Bukhari). [Baca Juga: Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (1)]

Di samping itu berwudhu merupakan amalan penghapus dosa-dosa seorang hamba, sebagaimana dijelaskan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dalam sebuah hadis:



منْ تَوَضَّأَ فَأَحْـسَنَ الوضـوءَ ، خَرَجَت خَطَايَاهُ مِنْ جسَدِهِ حتَّى تَخْرُجَ مِنْ تحتِ أَظفارِهِ

"Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbaguskan wudhunya, maka keluarlah kesalahan-kesalahannya sehingga keluarnya itu sampai dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim)

Bagi seorang muslim agar wudhunya lebih baik lagi, seyogianya ia memperhatikan lagi amalan-amalan yang dilakukan setelah melaksankan wudhu. (Baca Juga: Inilah Manfaat Wudhu untuk Mencegah Virus Corona)



Berikut ini beberapa amalan yang dilakukan setelah berwudhu:
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَمَنۡ يَّقۡتُلۡ مُؤۡمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيۡهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيۡمًا
Dan barangsiapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.

(QS. An-Nisa:93)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video