Surah Al-Waqi'ah: Rahasia Pembuka Pintu Rezeki

loading...
Surah Al-Waqiah: Rahasia Pembuka Pintu Rezeki
Ustaz Muhammad Syafiie el-Bantanie, Dai yang juga Founder Ekselensia Tahfizh School. Foto/Ist
Ustaz Muhammad Syafi'ie el-Bantanie
Penulis 52 Buku, Founder Ekselensia Tahfizh School

Allah Maha Pemberi rezeki. Sangat mudah bagi Allah untuk memberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka bagi hamba-Nya yang Dia kehendaki. Apa sih yang sulit bagi Allah? Tidak ada! Segalanya mudah bagi Allah. Jika Allah telah berkehendak kun (terjadi), fayakun (maka terjadi). Tidak ada yang bisa menghalangi.

Ketika Allah berkehendak melapangkan rezeki seorang hamba, maka tidak ada yang bisa mencegah sampainya rezeki tersebut kepada si hamba itu. Mesti ada saja jalannya. Dan, sungguh Allah Maha Kreatif untuk membuka jalan-jalan rezeki bagi siapa saja yang Dia kehendaki. (Baca Juga: Keutamaan Surah Al-Waqi'ah Dapat Mencegah Kemiskinan)

Karena itu, yang terpenting adalah bagaimana kita membentuk diri agar termasuk orang-orang yang dikehendaki Allah diberikan kelapangan rezeki. Dalam hal ini, mengamalkan membaca Surat Al-Waqi’ahinsya Allah dapat membuka jalan-jalan rezeki. Gantungkan harapan hanya kepada Allah, Dzat yang melapangkan rezeki.



"Sungguh, Tuhanmu melapangkan rezekibagi siapa yang Dia kehendaki, dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki); sungguh, Dia Mengetahui, Maha Melihat hamba-hamba-Nya." (QS. Al-Isra [17]: 30).

Namun demikian, perlu dipahami bahwa hal ini bukan berarti kita bermalas-malasan dalam berusaha atau berikhtiar ala kadarnya, dan hanya mengamalkan membaca Al-Waqi'ah. Sungguh, tidaklah demikian. Kita tetap dituntut bekerja dan berikhtiar dengan maksimal sesuai kemampuan kita. Ini adalah kewajiban kita sebagai manusia. Adapun mengamalkan Al-Waqi'ah, insya Allah akan mempermudah ikhtiar yang kita lakukan, dan mempercepat tercapainya harapan, berupa rezeki berlimpah dan berkah.

Hadis Keutamaan Membaca Al-Waqi'ah
Al-Hafizh Ibnu Asakir menerangkan bahwa sanad Hadisnya adalah As-Surriy bin Yahya Asy-Syaibaniy meriwayatkan Hadis yang diperoleh dari Syuja’ bahwa Abu Zhabiyah berkata, "Ketika Abdullah bin Mas'ud sakit, ia dijenguk oleh Sayyidina Utsman bin 'Affan.



Utsman bertanya, "Apa yang kau rasakan?"
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَلَوۡ اَنَّ اَهۡلَ الۡقُرٰٓى اٰمَنُوۡا وَاتَّقَوۡا لَـفَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَالۡاَرۡضِ وَلٰـكِنۡ كَذَّبُوۡا فَاَخَذۡنٰهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏
Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan ayat-ayat Kami, maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Al-A’raf:96)
cover bottom ayah
preload video