Kisah Sahih dalam Sunnah

Al-Qur'an dan Hadis Koreksi Penyelewengan Kisah Nabi Yunus di Taurat

loading...
Al-Quran dan Hadis Koreksi Penyelewengan Kisah Nabi Yunus di Taurat
Ilustrasi/Ist
KISAH Nabi Yunus AS juga terdapat dalam Taurat. Hanya saja, kisah itu berbeda dengan yang dituturkan hadis dan Al-Qur'an. "Barangsiapa membaca kisah Yunus dalam Taurat setelah dia mengetahui kisah yang benar di dalam Al-Qur'an dan hadis yang sahih, maka dia mengetahui bahwa kisahnya telah diselewengkan dan diubah," ujar Syaikh ‘Umar Sulaiman al-Asyqor dalam bukunya berjudul "Kisah-Kisah Shahih Dalam Al-Qur’an dan Sunnah" (Baca juga: Penggembala Jadi Raja 40 Tahun, Lantaran Bertemu Nabi Yunus)

“Yang tersisa dari kebenaran hanyalah sedikit, ibarat puing-puing yang tersisa dari kota mati. Orang yang mengenalnya dengan baik hampir tidak mengenalinya kecuali dengan usaha keras dan penuh kesulitan,” lanjutnya.

Kisah dalam Taurat
Taurat menyatakan bahwa Yunus adalah salah seorang Nabi Bani Israil. Kisah ini terdapat di dalam Taurat dalam satu Safar lengkap yang khusus menjelaskannya. Dalam Taurat Yunus disebut dengan nama Safar Yunan bin Amatan bukan Yunus bin Matta. (Baca juga: Alasan Mengapa Nabi Yunus Kabur dan Marah kepada Allah Ta'ala)

Nama asli Yunan menurut orang-orang Yahudi adalah Yunatsan, yang berarti pemberian Allah, atau sebagaimana dikatakan oleh para penjelas Taurat, "Yehova memberi" (yakni, Allah memberi). Yehova menurut mereka adalah Allah.



Taurat menyatakan bahwa dia berasal dari kota Palestina yang bernama Jat Hafir (Safar Muluk kedua, Ishah 14 poin 25). Kota ini terletak dekat dengan kota Nashira, sejauh tiga mil darinya.

Salah satu suku Bani Israil bernama Zablun (Safar Yasyu’, Ishah 19 poin 10-16). Oleh karena itu, para penjelas Taurat menguatkan bahwa Yunan berasal dari suku ini. (Baca juga: Kisah Imam Hasan Al-Bashri dan Perempuan yang Bebas dari Azab Kubur)

Taurat mengklaim bahwa Allah mengutus Yunus dari kotanya di Palestina kepada penduduk Ninaway ketika keburukan dan kejahatan merajalela di kalangan mereka, agar dia memperingatkan mereka terhadap azab dan siksa Allah. Ninaway adalah kota besar dekat kota Maushil di Irak.



Tuhan berfirman kepada Yunan bin Amatan, "Bangkitlah, pergilah ke Ninaway, kota yang besar, serukan padanya karena keburukan mereka telah sampai di hadapan-Ku."
halaman ke-1 dari 7
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
preload video