Hadiah Pahala Jariyah dari Anak yang Saleh

loading...
Hadiah Pahala Jariyah dari Anak yang Saleh
Orang tua bukan hanya mendapatkan keberkahan dari doa anak yang saleh. Namun juga setiap amal ibadah yang dikerjakan anak, orang tua akan dapat pahalanya. Foto ilustrasi/ist
Bagi orang tua, keuntungan memiliki anak yang saleh memilikiimplikasi di akhirat. Amalan-amalan anak senantiasa berkorelasi dengan kedua orang tuanya walaupun sang orang tua telah wafat. Jika sang anak melakukan kebaikan atau mendoakan orang tuanya maka amal dari kebaikannya juga merupakan amal orang tuanya dan doanya akan segera terkabul oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala.

Ustadz Ahmad Anshori, Lc, menjelaskan, memiliki anak saleh bahagianya tak hanya di dunia, namun juga di akhirat. Penyejuk hati saat di dunia dan jalur pahala jariyah yang terus mengalir saat sudah di alam barzakh.

(Baca juga :Waspada Dosa Jariyah, Dosa Yang Terus Mengalir)

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengabarkan, bahwa salah satu pintu pahala jariyah adalah melalui anak yang saleh. Dalam hadis riwayat Muslim, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



‏إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة،إلا من صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له.

“Jika seorang wafat, seluruh amalannya terputus kecuali tiga: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan orang tuanya.” (HR Muslim)

(Baca juga :Waspada Dosa Jariyah, Dosa Yang Terus Mengalir)



Menurut pengajar di PP Hamalatul Quran DIY & Pengasuh TheHumairo.com ini, hadis tersebut menunjukkan bahwa orang tua bukan hanya mendapatkan keberkahan dari doa anak yang saleh. Namun juga setiap amal ibadah yang dikerjakan anak, orang tua akan dapat pahalanya.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالۡبَـنِيۡنَ وَالۡقَنَاطِيۡرِ الۡمُقَنۡطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ وَالۡخَـيۡلِ الۡمُسَوَّمَةِ وَالۡاَنۡعَامِ وَالۡحَـرۡثِ‌ؕ ذٰ لِكَ مَتَاعُ الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا ‌ۚ وَاللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الۡمَاٰبِ
Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.

(QS. Ali 'Imran:14)
cover bottom ayah
preload video