Kisah Perempuan di Perang Uhud yang Mengkhawatirkan Rasulullah

loading...
Kisah Perempuan di Perang Uhud yang Mengkhawatirkan Rasulullah
Kabar kekalahan kaum muslim di perang Uhud langsung terdengar di kalangan perempuan kaum Anshar, mereka terpaksa keluar dari rumah masing-masing untuk menanyakan kabar tentang Nabi Shalallahu alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/ist
Dalam perang Uhud, kaum muslimin banyak mengalami penderitaan dan kesusahan. Bahkan banyak di antara mereka yang mati syahid. Kabar ini telah sampai ke Madinah, sehingga kaum perempuan juga mengetahui berita kekalahan ini.

Mereka sangat mengkhawatirkan keselamatan Rasulullah, sehingga mereka terpaksa keluar dari rumah masing-masing untuk menanyakan kabar tentang Nabi Shalallahu alaihi wa sallam. Kecintaannya pada Rasulullah membuat kaum muslimah ini sangat mengkhawatirkannya. Salah satu kisahnya diceritakan dalam kitab "Fadhail A'mal' yang ditulis Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandalawi rah.

(Baca juga :Hadiah Pahala Jariyah dari Anak yang Saleh)

Diceritakan, ada seorang perempuan yang mendatangi sekumpulan orang-orang yang membicarakan musibah tersebut. Dia bertanya, "Bagaimanakah keadaan Rasulullah?"



Seorang dari mereka menyahut, "Ayahmu telah meninggal dunia." Dia berkata, "Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'uun."

Kemudian perempuan itu kembali menanyakan keselamatan Rasulullah, dan ada lagi seorang yang berkata, "Suamimu telah mati syahid."

(Baca juga :Inilah 10 Adab Berbicara Agar Lisan Terjaga)



Ada yang berkata, "Saudaramu telah mati syahid." Juga ada yang berkata, "Anakmu telah mati syahid." Namun dia tetap bertanya, "Bagaiamana keadaan Rasulullah?"
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اَمَّنۡ هٰذَا الَّذِىۡ يَرۡزُقُكُمۡ اِنۡ اَمۡسَكَ رِزۡقَهٗ‌ ۚ بَلۡ لَّجُّوۡا فِىۡ عُتُوٍّ وَّنُفُوۡرٍ
Atau siapakah yang dapat memberimu rezeki jika Dia menahan rezeki-Nya? Bahkan mereka terus-menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri (dari kebenaran).

(QS. Al-Mulk:21)
cover bottom ayah
preload video