Mengenal dan Meneladani Sosok Ummul Mukminin (2)

Saudah binti Zam'ah : Memiliki Kekuatan Jiwa yang Luar Biasa

loading...
Saudah binti Zamah : Memiliki Kekuatan Jiwa yang Luar Biasa
Ummul Mukminin Saudah binti Zamah adalah seorang perempuan yang dermawan dan murah hati. Foto ilustrasi/ist
Saudah binti Zam'ah atau bernama lengkap Saudah binti Zam’ah bin Qais bin Abdi Syams bin Abud al-Qursyiyah al -Amiriyyah. Ia salah seorang Sayyidah yang mulia dan terhormat. Ia masuk Islam bersama suaminya, Sakran bin Amr, di masa awal dakwah Islam.

Suatu ketika beliau bersama delapan orang dari bani Amir hijrah meninggalkan kampung halaman dan hartanya, kemudian menyeberangi dasyatnya lautan karena ridha menghadapi maut dalam rangka memenangkan diennya. Semakin bertambah siksaan dan intimidasi yang mereka karena mereka menolak kesesatan dan kesyirikan.

Hampir-hampir tiada hentinya ujian menimpa Saudah belum usai ujian tinggal di negeri asing (Habsyah) beliau harus kehilangan suami beliau sang muhajirin. Maka beliaupun menghadapi ujian menjadi seorang janda disamping juga ujian di negeri asing.

(Baca juga :Khadijah binti Khuwailid : Perempuan Bersih nan Suci, Cinta Sejati Rasulullah)



Dinukil dari kitab "Nisaa' Haular Rasul' karya Mahmud Mahdi Al-Istanbuli dan Musthafa Abu Nashr Asy-Syalabi, dikisahkan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menaruh perhatian yang istimewa terhadap perempuan muhajirah yang beriman dan telah menjanda tersebut. Oleh karena itu tiada henti-hentinya Khaulah binti Hakim as-Salimah menawarkan Saudah untuk beliau hingga pada gilirannya beliau menyetujui.

Usia Rasulullah yang telah mendekati usia senja membutuhkan seseorang yang dapat menjaga dan mendampinginya. Saudah berpostur tubuh tinggi dan kurus. la terkenal suka bercanda dan humor. la adalah peremuan yang suka berderma.

Telah tercatat dalam sejarah tak seorangpun dari sahabat yang berani mengajukan masukan kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang pernikahan beliau setelah wafatnya Ummul Mukminin Khadijah Al Kubra. Akan tetapi hampir-hampir kesusahan menjadi berkepanjangan hingga Khaulah binti Hakim memberanikan diri mengusulkan kepada Rasulullah dengan cara yang lembut dan ramah.



(Baca juga :Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)
halaman ke-1 dari 5
cover top ayah
اَفَحَسِبۡتُمۡ اَنَّمَا خَلَقۡنٰكُمۡ عَبَثًا وَّاَنَّكُمۡ اِلَيۡنَا لَا تُرۡجَعُوۡنَ
Maka apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?

(QS. Al-Mu’minun:115)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video