Kumpulan Artikel: Ummul Mukminin

  • Profil dan Biografi Aisyah binti Abu Bakar, Istri Nabi Muhammad SAW yang Banyak Julukan
    Hikmah
    Rabu, 27 Desember 2023 - 15:39 WIB
    Aisyah memiliki pengaruh besar bagi perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. Sebagai istri, ia selalu mendukung keteguhan hati Rasulullah dalam usahanya mensyiarkan Islam.
  • Ini Mengapa Sayyidah Aisyah Dipanggil Ummu Abdillah
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 14:20 WIB
    Sayyidah Aisyah ra disebut ummul mukminin (ibunda kaum mukminin) karena semua istri Rasulullah SAW adalah ibunda kaum mukminin sebagai penghormatan dan pemuliaan. Selain itu, beliau juga dipanggil Ummu Abdillah.
  • Kisah Penuh Hikmah Menjelang Buka Puasa dari Aisyah
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 16:17 WIB
    Ada kisah penuh hikmah dari seorang istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Aisyah radhiyallahu anha menjelang berbuka puasa
  • Gambaran Ummul Mukminin Aisyah soal Sosok Ayah yang Tenang dan Lemah Lembut
    Muslimah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 17:50 WIB
    Aisyah Radhiyallahuanha banyak menceritakan tentang perawakan dan perangai ayahnya Abu Bakar as-Shiddiq, serta perjuangan beliau saat menemani dakwah Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Salam.
  • Mulianya Khadijah Radhiyallahuanha, Bahkan Allah Taala Berkirim Salam Padanya
    Muslimah
    Senin, 14 Februari 2022 - 17:47 WIB
    Begitu mulianya Khadijah Radhiyallahuanha. Bahkan Allah Rabb Semesta Alam menitipkan salam kepada Khadijah radhiyallahuanha melalui Jibril Alaihis salaam. Ini adalah kedudukan yang luar biasa.
  • Ummu Salamah : Periwayat Hadis Terbanyak dan Pencetus Seruan Jihad bagi Perempuan
    Muslimah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 07:00 WIB
    Selain Aisyah radhiyallahuanha, sosok perempuan periwayat hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah, Ummu Salamah. Perempuan hebat yang ikut andil dalam membangun sebuh peradaban, khususnya Islam.
  • Saat Istri Cemburu, Bagaimana Sikap Suami?
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 08:36 WIB
    Sifat dasar wanita adalah sangat mudah cemburu, dan mereka sangat sensitif. Jika telah cemburu maka akalnya hilang. Hilang dalam artian tertutup akal sehatnya, berkurang daya nalar dan logikanya.
  • Ketika Maimunah Binti Harits Cemburu Pada Agama Allah
    Muslimah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 15:23 WIB
    Kecintaan Maimunah binti Al Harits terhadap Islam, tidak diragukan lagi. Sebagai salah satu Ummul Mukminin, Maimunah betul-betul tegas bila menyangkut soal agama Allah.
  • Cemburunya Siti Aisyah!
    Muslimah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 14:13 WIB
    Siti Aisyah radhiyallahuanha adalah seorang perempuan pencemburu. Hal ini terjadi karena begitu besar rasa cintanya kepada kekasihnya yaitu Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.
  • Maimunah binti Al Harits, Pribadi yang Taat dan Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 10:16 WIB
    Maimunah binti al Harits radhiyallahuanha termasuk pemuka kaum perempuan yang masyhur dengan keutamaannya, nasabnya dan kemuliaannya. Ia dikenal sebagai pribadi yang taat dan ikhlas.
  • Shafiyah yang Terpelajar, Penyabar dan Lemah Lembut
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 13:05 WIB
    Shafiyah binti Huyai merupakan sSalah satu istri Rasulullah Shallallaahu alaihi wa sallam yang bukan keturunan Arab Quraysh melainkan putri tokoh yahudi Khaibar.
  • Ummu Habibah,Perempuan Mukminah yang Setia kepada Diennya
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 08:08 WIB
    Ramlah binti Abu Sufyan, atau Ummu Habibah adalah putri seorang pemuka Quraisy dan pemimpin kafir. Namun, Ummu Habibiah justru menunjukkan kuatnya pendirian dan mantapnya kemauan memperjuangkan akidahnya.
  • Juwairiyah binti Harits, Pembawa Berkah Kaumnya ke Dalam Cahaya Islam
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 13:00 WIB
    Kisah Sayyidah Juwairiyah sampai ke pintu rumah Rasulullah, tidak lepas dari permusuhan Bani Musthaliq kepada Islam. Harits bin Abu Dhirar, ayah Juwairiyah yang menyembah berhala hendak menghalangi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
  • Zainab binti Jahsy, Istri Mandiri yang Rajin Sedekah
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 07:05 WIB
    Zainab binti Jahsy merupakan salah satu istri Rasulullah yang dikenal sebagai muslimah yang giat bekerja dan berkarier. Meski Rasulullah memberikan nafkah yang cukup. Ummul Mukminin ini tetap giat mengumpulkan rezeki karena keinginannya untuk bersedekah.
  • Zainab binti Jahsy : Memilih Berkarier untuk Terus Bersedekah
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 19:58 WIB
    Zainab binti Jahsy, merupakan salah satu istri Rasulullah yang dikenal sebagai muslimah yang giat bekerja dan berkarier. Ummul Mukminin ini tetap giat mengumpulkan rezeki karena keinginannya untuk bersedekah.
  • Ummu Salamah :  Perempuan Pembuat Keputusan yang Tepat
    Muslimah
    Rabu, 23 September 2020 - 09:30 WIB
    Kaum perempuan mempunyai peran penting dalam dunia periwayatan hadis. Banyak perempuan-perempuan yang meriwayatkan hadis Nabi SAW, baik itu para istri Rasulullah, maupun para sahabat perempuan yang lainnya.
  • Saudah binti Zamah : Sosok Keindahan dan Kesetiaan Seorang Istri
    Muslimah
    Sabtu, 05 September 2020 - 17:46 WIB
    Ummul mukminin Aisyah sangat terkesan akan keindahan kesetiaan Saudah binti Zamah kepada Rasulullah, bahkan Aisyah pun berharap bisa menjadi bajunya (penggantinya) di sisi Nabi yang mulia tersebut.