Baca Doa ini Sebelum Shalat, Setan Bakal Kabur

Senin, 09 November 2020 - 08:10 WIB
loading...
Baca Doa ini Sebelum Shalat, Setan Bakal Kabur
Agar bisa khusu saat melaksanakan shalat, setiap muslim hendaknya ber-istiadzah (memohon perlindungan). Foto ilustrasi/Ist
A A A
Keberuntungan seorang mukmin adalah khusyuk dalam salatnya . Hal ini ditegaskan Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam salatnya ". (QS Al-Mu'minuun: 1-2).

Salah satu tanda khusuknya salat adalah hadirnya hati, fokus menghadap Allah dan penuh penyerahan diri (hudurul qolb). Agar bisa khusu' saat melaksanakan shalat , setiap muslim hendaknya ber-isti'adzah (memohon perlindungan). Isti'adzah ini disyariatkan sebelum melaksanakan ibadah shalat maupun membaca Al-Qur'an . ( )

Sebelum mendirikan shalat , ada baiknya kita membaca doa perlindungan ini. Sebab setan dan balatentaranya selalu menggoda orang yang shalat dengan cara membisikkan, membuat angan-angan dan mengingatkan hal-hal yang tidak terlintas saat tidak salat .

Berikut Doa Sebelum Shalat

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

"Robbi A'udzubika min Hamazatisy Shayaathiin, wa A'uudzubika Robbi Ayyahdhuruun"

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari bisika-bisikan setan dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekatiku. (Surah Al-Mu'minun: 97-98)

Pada ayat ini, Allah mengajarkan doa kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم supaya diamalkan oleh umatnya. Doa ini dimaksudkan agar setan itu jauh dan tidak dapat masuk ke dalam hati seorang mukmin untuk memperdayainya. ( )

Adapun doa perlindungan yang diajarkan Nabi صلى الله عليه وسلم ketika hendak shalat sebagaimana hadis dalam Musnad Imam Ahmad dan menurut at-Tirmidzi dari hadis Abu Sa‘id al-Khudri. Rasulullah صلى الله عليه وسلم apabila hendak mengerjakan shalat, beliau membaca doa berikut:

أَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْـمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْـمِ، مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ

A'uudzubillahis Sami'il 'Aliimi Minasy Syaithoonir Rojiim min Hamazihii wa Nafkhihii wa Naftsihii.

Artinya:
Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, dari kesombongan, kegilaan, tiupan, (bisikan) setan yang terkutuk. (HR Ahmad, at-Tirmidzi, dan Abu Dawud)

Selain kedua doa di atas, para Ulama juga sering membaca Mu'awwidzatain yaitu dua surah perlindungan (Surah Al-Falaq dan Surah An-Naas). (Baca Juga: Jangan Tinggalkan Doa Ini Setiap Selesai Salat)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)