Kisah Anak Kecil yang Merindukan Rasulullah SAW

Selasa, 10 November 2020 - 11:05 WIB
loading...
Kisah Anak Kecil yang Merindukan Rasulullah SAW
Kisah anak kecil yang merindukan Rasulullah membuat Syaikh Abdurrahman Ad-Dibai (pengarang Kitab Maulid Ad-Dibai) menangis. Foto Hanya Ilustrasi/Ist
A A A
Kisah seorang anak kecil yang amat merindukan Baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم terjadi di zaman Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'i (pengarang Kitab Maulid Ad-Diba'i). Kisah ini sangat mengharukan sampai membuat Syaikh Ad-Diba'i menangis.

Syaikh Ad-Diba'i adalah seorang ulama besar bernama lengkap Imam Wajihuddin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad Al-Syaibani Al-Yamani Al-Zubaidi As-Syafi'i. Beliau lahir pada bulan Muharram tahun 866 H dan wafat pada Hari Jumat tanggal 12 Rajab Tahun 944 Hijriyah. (Usia beliau kurang lebih 76 tahun). (Baca Juga: Bagaimana Cara Mencintai Rasulullah SAW?)

Beliau dikenal sebagai seorang ulama yang jujur, lemah lembut dan indah tutur katanya. Dikisahkan, Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'i sedang berkumpul dengan orang-orang di Kota Zabid (ujung kota Yaman) untuk berziarah ke makam Baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم di Kota Madinah.

Jarak perjalanannya membutuhkan waktu selama 2 minggu. Ketika rombongan hendak bergerak ke Kota Madinah tiba-tiba seorang anak kecil berusia 8 tahun datang dan menyapa Syaikh Ad-Diba'i. "Wahai syaikh, aku ikut ziarah ke makam Nabi ." Permintaan anak kecil itu tidak diizinkan oleh syaikh, karena khawatir membuat susah rombongan.

Lalu Syaikh Ad-Diba'i bertanya kepada anak kecil itu, "Kenapa kau sangat ingin ikut." Lalu anak itu berkata, "Wahai syaikh percayalah aku sangat rindu kepada Rasulullah ". Namun dijawabnya, ''Sudahlah kau tetap tak boleh ikut.'' Maka berjalanlah rombongan tadi.

Setibanya di Kota Madinah tepatnya di depan makam Rasulullah , Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'i terkejut melihat anak kecil itu ada di hadapannya. ''Wahai anak kecil, dari mana kau datang. Bagaimana kau bisa ikut?''

''Ketika kalian berangkat, aku masuk dalam kotak (peti) ikut bersama rombongan ziarah ke makam Nabi Muhammad ," kata anak itu. ( )

Syaikh Ad-Diba'i berkata: "Aku tidak heran kalau kau masuk peti, tapi selama dua minggu kau makan dan minum dari mana, tidak makan dan tidak minum.''

''Wahai Syaikh sungguh aku dilupakan dari makan dan minum karena sangat rindu kepada Nabi صلى الله عليه وسلم''. Anak kecil tadi pun bertanya: ''Wahai syaikh apakah benar tanah ini pernah dipijak Rasulullah ?''

Kata Syaikh Ad-Diba'i "Iya". Kemudian anak itu mengambil tanah itu lalu diciumnya tanah tersebut. Anak kecil itu tiba-tiba roboh seakan-akan pingsan. Rupanya anak kecil itu telah wafat. Anak kecil itu pun dikebumikan di luar Kota Madinah karena orang luar. Kemudian Syaikh dan para rombongan mengerjakan umrah.

Saat pulang, Syaikh Ad-Diba'i teringat anak tersebut, lalu datang menziarahi makamnya. Ketika syaikh melihat keadaan makam itu, menjadi bingung. Karena makam yang berada di luar Kota Madinah berangsur-angsur bergeser masuk Kota Madinah mendekati makam Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Melihat itu menangislah Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'i. Sampai sekarang makam tersebut masih ada dan berada di seberang Masjid Nabawi. ''Wahai anak kecil betapa hebat dan mulianya engkau, sewaktu kecil kau rindu hendak ziarah ke makam Baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, dan sewaktu kau wafat kau juga rindu kepada Rasulullah.''

Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'i pun menangis di dalam rumahnya. "Aku ini adalah seorang imam tapi aku malu melihat kecintaan seorang anak yang sangat mencintai Rasulullah صلى الله عليه وسلم." Syaikh Ad-Diba'i pun menulis riwayat perjalanan anak kecil itu dalam kitab maulidnya (Kitab Maulid Ad-Diba'i).

(Baca Juga: 4 Tanda Seseorang Mencintai Rasulullah SAW)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)