Kenikmatan-kenikmatan yang Membawa Manusia Pada Sifat Sombong

Selasa, 10 November 2020 - 14:08 WIB
loading...
Kenikmatan-kenikmatan yang Membawa Manusia Pada Sifat Sombong
Ada beberapa kenikmatan yang menjadi faktor penyebab munculnya sifat sombong pada seseorang. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Salah satu penyakit hati adalah sombong. Sikap sombong mudah muncul dalam diri manusia. Yang menjadikan seseorang menderita penyakit hati ini, bisa oleh berbagai macam kenikmatan . Seperti misalnya harta, fisik, ilmu pengetahuan, keturunan, bahkan ibadah.

Kenikmatan-kenikmatan yang menyebabkan seseorang memiliki sifat sombong ini, menurut Iman Al-Ghazali antara lain, yakni:

1. Ilmu pengetahuan . Biasanya orang yang berilmu tinggi atau berpendidikan tinggi merasa dirinya orang yang paling pandai bila dibandingkan dengan orang yang tidak berilmu atau berpendidikan

(Baca juga : Jaga Pandangan untuk Ketenangan Hati )

2. Amal ibadah yang tidak jelas dapat menyebabkan sifat takabbur apalagi bila mendapat perhatian dari orang lain karena ibadah yang dilakukannya, selain menjadi sombong namun juga mampu mengurangi keikhlasannya dalam mejalankan amal ibadahnya.

3. Kebangsawanan , dapat menyebabkan takabbur karena menganggap dirinya lebih tinggi derajadnya daripada kelompok atau kasta lain. dan memandang rendah oleh orang yang dianggapnya hanyalah rakyat biasa.

4. Kecantikan dan ketampanan wajah, menjadikan orang merendahkan orang lain yang tidak lebih cantik dan tampan dari dirinya. Bukan malah mensyukuri namun malah menjadi tinggi hati dan sombong karena mampu menjadi pusat perhatian

(Baca juga : Puasa Daud dan Keutamaannya Bagi Perempuan )

5. Harta dan kekayaan , memiliki harta berlebih, tidak menjadikan semua orang untuk mau bersedekah melalui jalan-Nya. Dengan kekayaan dan hartanya, justu malah mampu menjadikan seseorang untuk meremehkan orang miskin.

6. Kekuatan dan kekuasaan, berkah kekuasaan yang dimikinya, bukan dipakai untuk membantu orang yang benar dan membutuhkannya, namun dengan kekuatan dan kekuasaan yang dimilikinya ia malah berbuat sewenang-wenang terhadap orang lain tanpa melihat statusnya

7. Banyak pengikut, teman sejati, karib kerabat yang mempunyai kedudukan dan pejabat-pejabat tinggi.

(Baca juga : Dahsyatnya Setan Menjerumuskan Manusia Melalui Perempuan )

Dan di antara bahaya akibat memiliki sifat sombong ialah pertama, mampu menghancurkan amal saleh. Seseorang yang memiliki sifat sombong, tidak akan pernah memiliki sifat ikhlas yang merupakan dasar daripada setiap perbuatan maupun ibadah yang kita kerjakan. Oleh karena kesombongan itu dapat membinasakan amal ibadah, artinya sia-sialah semua perbuatan yang ia lakukan.

“Adapun amal-amal yang membinasakan adalah berprilaku kikir, mengikuti hawa nafsu dan membanggakan diri.” (HR. Thabrani)

(Baca juga : KAMI Minta Pemerintah Jamin Keamanan Habib Rizieq )

Kedua, memperturutkan hawa nafsu. Ketika seseorang sudah memiki rasa sombong, maka orang tersebut akan selalu bertindak sesuai hawa nafsunya tanpa memikirkan sekitar dan akibat yang akan terjadi setelahnya.

Sikap seperti ini berakibat akan rasa tinggi hati dan selalu merasa lapar untuk berbuat sesuatu yang mampu membuat dirinya puas dan bangga. Dalam keadaan seperti itu, mereka akan cenderung berbuat serakah dan mudah dihasut oleh setan dan iblis sehingga yang mereka lakukan tak lain hanyalah maksiat semata.

(Baca juga : Tak Sentuh Golongan Miskin, Diskon Belanja Online Belum Dongkrak Konsumsi )

Kesombongan hanya akan membawa kita pada kehancuran. Kita harus belajar dari kisah iblis yang terusir dari surga karena sikap sombongnya yang merasa lebih hebat dari Nabi Adam. Allah berfirman,

قَالَ فَٱهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَن تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَٱخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ ٱلصَّٰغِرِينَ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)