Kisah Sahabat Saat Menjawab Salam dari Rasulullah

loading...
Kisah Sahabat Saat Menjawab Salam dari Rasulullah
Jika ingin mendapatkan doa dari Rasulullah, ucapkanlah salam kepada beliau "Assalamualayka Ya Rasulullah". Foto/Ist
Tak hanya orang beriman, orang berakal juga pasti jatuh cinta kepada sosok Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم apabila tahu sejarah kehidupan beliau yang tidak ada cacatnya.

Dulu, ada seorang sahabat yang sangat berharap agar Rasulullah صلى الله عليه وسلم datang mengunjungi rumahnya. Sahabat yang satu ini berharap kedatangan Rasulullah صلى الله عليه وسلم akan membawa berkah bagi keluarganya.

(Baca Juga: Cara Bershalawat Agar Cepat Sampai ke Hadirat Rasulullah )

Suatu hari datanglah Rasulullah صلى الله عليه وسلم ke rumah sahabat itu. "Assalamu'alaikum..." ucap Rasulullah dari luar pintu.



Namun, tak terdengar ada jawaban. "Assalamu'alaikum..." ucap Rasulullah untuk kedua kalinya. Tetap tak terdengar ada jawaban.

"Assalamu'alaikum..." ucap Rasulullah untuk yang ketiga kalinya sambil sedikit meninggikan suara.

"Wa'alaikumussalam..." terdengar jawaban dari dalam.



Rasulullah صلى الله عليه وسلم kemudian bertanya kepada sahabat itu, "Mengapa engkau tak menjawab salamku? Apakah engkau tak mendengarnya?"

Sahabat itu menjawab: "Ya Rasulullah , maafkan aku. Bukan aku tak menjawab salammu. Aku telah lama mengharapkan kehadiranmu di rumah ini. Aku sangat gembira tatkala melihat engkau datang. Sengaja aku tak menjawab salammu dengan keras karena berharap agar engkau mengulangi salammu untuk kami hingga tiga kali. Salammu adalah doa bagi kami."

Mendengar itu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم kemudian tersenyum. Beliau tak sedikit pun menunjukkan kejengkelannya, apalagi marah. Begitulah akhlak terpuji Rasulullah.

(Baca Juga: Doa Rasulullah yang Menghimpun Segala Kebaikan )

Assalamu'alaikum (السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ) artinya semoga keselamatan tercurah padamu. Ini adalah ucapan salam paling singkat. Adapun menjawabnya hukumnya wajib karena merupakan salah satu hak seorang muslim terhadap sesama muslim lainnya. Salam merupakan doa yang di dalamnya terdapat keberkahan dan keselamatan.

Betapa senangnya ketika salam kita dijawab orang lain. Lalu, bagaimana jika salam kita dijawab oleh baginda mulia Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Jika engkau ingin mendapatkan doa dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم detik ini juga, maka ucapkanlah salam kepada beliau. Niscaya saat itu juga Rasulullah صلى الله عليه وسلم akan menjawab salammu. Dam jawaban salam dari Rasulullah adalah doa dari beliau untukmu.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

ما من أحد يسلم علي إلا رد الله علي روحي حتى أرد عليه السلام -- رواه أبو داود بإسناد صحيح

"Tidaklah seseorang mengucapkan salam untukku kecuali Allah akan mengembalikan ruhku hingga aku menjawab salamnya." (HR Abu Dawud dengan isnad shahih).

Karena itu, ucapkanlah salam kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم niscaya kita akan mendapatkan jawaban salam dari beliau. Hal itu akan menjadi doa yang sangat berkah untuk kita. Cara menyampaikan salam kepada Nabi bisa dengan mengucapkan: "Assalamu'alayka Yaa Rasulullah! atau "Ya Nabi Salam Alayka, Ya Rasul Salam 'Alayka".

(Baca Juga: Assalamu'alaikum! Inilah Keutamaan Memberi Salam dan Menjawabnya )

Wallahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

(QS. Al-Baqarah:152)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video