Harumnya Bacaan Shalawat Hingga Menghapus Catatan Celaka

Senin, 30 November 2020 - 10:30 WIB
loading...
Harumnya Bacaan Shalawat Hingga Menghapus Catatan Celaka
Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab dan Tafsir Al-Quran asal Banjar, Kalimantan Selatan. Foto/Ist
A A A
Ustaz Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Diceritakan oleh Guru Mulia Al-'Allamah Al-Habib Umar bin Hafizh (ulama besar Hadhramaut Yaman), hampir di setiap waktu bakda shalat maghrib ada seorang 'ulama besar di Hadramaut selalu berjalan di sebuah daerah. Terdengar dari tiap-tiap rumah, penghuninya membaca Al-Qur'an, ada juga yang berdzikir, ada juga yang membaca Ratib dan Shalawat .

Lantas, dilihatnya dari rumah-rumah itu mengeluarkan cahaya. Namun cahaya yang lebih terang hingga ke langit adalah cahaya rumah yang sedang bershalawat kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Masya Allah!

( )

Dan berkata Al-Marhum Al-Habib Ahmad Alwy Baraqbah, " Shalawat yang kita bacakan itu sesungguhnnya mengeluarkan bau yang harum. Harumnya shalawat dapat tercium oleh semua makhluk-Nya Allah Ta'ala kecuali manusia dan jin. Jika Allah Ta'ala membuka hijab penciuman kita niscaya kita akan sibuk mencari di mana harum itu berasal, sehingga kita lupa terhadap penghidupan kita."

( )

Shalawat Menghapus Catatan Celaka
Nabi Khidhir 'alaihis salam berkata: "Aku pernah bertanya kepada Auliya (para wali) mengenai amalan yang dapat menghapus nama seseorang dari catatan celaka menjadi orang bahagia. Maka, tidak ada di antara para Auliya yang memberikan jawaban.

Hingga aku mendatangi Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan kembali menanyakan pertanyaan itu, kemudian Beliau menjawab: "Amalan yang dapat menyelamatkan seseorang dari deretan nama orang sial menjadi orang bahagia adalah dengan memperbanyak shalawat kepadaku."

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ


Dikutip dari Kitab Ittihaful Amajid bi Nafaisil Fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.

ﺍَﻟﻠﻬُﻢ ﺻَﻞ ﻋَﻠﻰ ﺳَﻴﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤﺪٍ ﻭَ ﺍَﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠﻢْ


[ ]

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)