Ucapan Para Khalifah dan Orang Saleh Menjelang Ajalnya (Bagian 2)

Kamis, 10 Desember 2020 - 17:43 WIB
loading...
Ucapan Para Khalifah dan Orang Saleh Menjelang Ajalnya (Bagian 2)
Salah seorang jamaah Haji berdoa di pemakaman Baqi, tempat peristirahatan keluarga dan sahabat Nabi di dekat Masjid Nabawi Madinah. Foto/dok Okezone
A A A
Bagi seorang mukmin kematian adalah nikmat, karena merupakan pintumasuk menuju kehidupan yang abadi. Sedangkan bagi orang kafir, kematian adalah hukuman yang menyedihkan.

Berikut lanjutan kisah para khalifah dan orang-orang saleh saat menghadapi kematian (Al-Maut) yang bersumber dari "Dibalik Tabir Kematian" karya Imam Al-Ghazali. Semoga kisah menjadi iktibar (pelajaran) dan hikmah bagi kita.

(Baca Juga: Mengapa Takut Mati? Quraish Shihab Bilang Mati Itu Lezat dan Nikmat)

Fatimah binti Abdul Malik bin Marwan, istri Khalifah Umar bin Abdul Aziz bertutur tentang suaminya. "Saat dalam keadaan kritis, aku mendengar Khalifah Umar berdoa, "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kematianku membebani mereka barang sehari pun." Dan pada hari kematiannya, aku meninggalkannya dan duduk di ruangan lain yang hanya terpisah oleh sebuah pintu. Dari dalam kamarnya yang berkubah tiba-tiba aku mendengar ia membaca ayat:

تلك الدار الاخرة نجعلها للذين لايريدون علوا في الارض ولا فساد والعاقبة للمتقين

"Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa." (Al-Qashshash: Ayat 83)

Kemudian keadaan menjadi hening. Aku tidak mendengar lagi suara gerakan maupun kata-kata apapun yang diucapkannya. Aku lalu berkata kepada salah seorang pelayannya, 'Coba kamu lihat, apa beliau sedang tertidur?' Begitu si pelayan memeriksa kamar, ia langsung menjerit sehingga membuat aku tersentak. Ternyata ia sudah hampir wafat.

Pada saat itulah seorang temannya berkata, "Berwasiatlah, wahai Amirul Mukminin!" Ia menjawab, "Aku peringatkan kalian akan kematian, karena mau tidak mau kalian pasti akan mengalaminya."

(Baca Juga: Apa Hukum Mentalqin Orang yang Meninggal?)

Sebuah riwayat menyebutkan, pada saat kondisi Khalifah Umar bin Abdul Aziz sudah semakin kritis, dipanggillah seorang tabib. Setelah memeriksa sang khalifah, ia berkata, "Aku yakin orang ini telah diracuni. Tetapi aku tidak bisa menyelamatkannya dari kematian."

Tiba-tiba sang khalifah mengangkat wajahnya dan berkata, "Bukankah kamu juga tidak sanggup melindungi orang yang tidak terkena racun sekalipun dari kematian?"

Si tabib bertanya, "Apakah engkau merasakannya, wahai Amirul Mukminin?"

Khalifah menjawab, "Ya, aku mengetahuinya segera setelah racun itu masuk ke dalam perutku."

"Kalau begitu engkau harus diobati, wahai Amirul Mukminin. Karena aku khawatir nyawa engkau tak tertolong lagi," kata sang tabib.

Khalifah menjawab: "Tuhanku itu sangat baik. Demi Allah, seandainya aku tahu bahwa obat penyembuhku ada pada daun telingaku, aku tidak akan mengangkat tanganku untuk mengambilnya. Ya Allah, izinkan Umar untuk lebih memilih bertemu dengan-Mu." Beberapa hari kemudian Khalifah Umar bin-Abdul Aziz pun meninggal dunia.

Diriwayatkan bahwa menjelang kematiannya, khalifah Umar bin Abdul Aziz menangis. Seseorang bertanya, "Kenapa engkau menangis, wahai Amirul Mukminin? Bergembiralah, karena engkau telah banyak berjasa menghidupkan kembali sunnah-sunnah Nabi dan menegakkan keadilan."

Sang khalifah menangis lagi seraya berkata, "Bukanlah nanti aku akan dihadapkan kepada Allah dan dimintai pertanggungjawaban atas kekuasaan yang aku pegang terhadap hamba-hamba-Nya? Demi Allah, sekalipun misalnya sudah berlaku adil terhadap manusia, aku masih tetap khawatir bahwa aku tidak akan mampu mengemukakan hujjah di hadapan Allah kecuali sudah diberitahu olch-Nya. Lalu bagaimana jika aku telah melakukan banyak kesalahan?"

Air matanya berlinang, dan tidak lama kemudian ia pun meninggal dunia. Semoga Allah selalu merahmatinya.

[Baca Juga: Ucapan Para Khalifah dan Orang-orang Saleh Menjelang Ajalnya (Bagian 1)]

(Bersambung)!
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)