Doa untuk Pengantin Baru Beserta Maknanya

Senin, 04 Januari 2021 - 08:38 WIB
loading...
A A A
Allah akan memberikan keutamaan-Nya kepada mereka. Dan, Allah akan memberi rezeki kepada mereka.Hal ini mengandung pengertian bahwa menikah adalah pintu rezeki karena menikah akan mendatangkan rezeki.

Tidak sedikit kita mendengar cerita dari seseorang yang berkata, “Waktu aku masih bujangan, rejekiku tidak pernah cukup-cukup dan rasanya kurang terus. Tapi, begitu aku menikah, rezekiku menjadi cukup dan berkah”.

Ha inilah yang menjadi salah satu dasar bahwa ternyata rezeki datang dari berbagai keadaan, salah satunya akan datang melalui pernikahan.

2. Dalam doa untuk pengantin ini kita meminta keberkahan untuk keturunannya.

Sedangkan doa keberkahan untuk anak-anak dan keturunannya terungkap dalam kata-kata, “Wabaarakallahu ‘alaika” (وَبَارَكَ عَلَيْكَ) yang berarti semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang baik padamu.

(Baca juga: Abai dengan Kedelai, Sampai Kapan? )

Keberkahan dalam keturunan berarti memperoleh anak-anak yang sehat, terampil, shaleh, dan membawa kebaikan untuk kedua orang tuanya.

Dengan doa pengantin ini, secara tidak langsung kita juga telah mendoakan agar keduannya cepat-cepat diberi anak keturunan.

Betapa pentingnya mendapatkan sebuah keturunan, karena sungguh tidak sedikit orang yang hidupnya merana sebab sudah lama tidak dikaruniai anak. Kehidupan keduanya kurang harmonis, sering uring-uringan, dan bahkan ada yang sampai menimbulkan perceraian di antara keduanya.

Di sisi lain, banyak pula orang cepat mendapatkan anak dan dikaruniai banyak keturunan. Tapi sungguh sayang, anugerah keturunan itu malah membuat malapetaka bagi kedua orang tuannya.

(Baca juga: Merawat Penderita COVID-19 Tanpa Khawatir Tertular, Ini Tipsnya! )

Inilah makna penting sebuah keberkahan. Keberkahan tidak hanya diukur dari segi kuantitas saja, tapi juga kualitas.

3. Dalam doa untuk pengantin kita meminta agar Allah mengumpulkan keduanya dengan perkumpulan yang baik dan harmonis.

Yakni hubungan yang didasari oleh sakinah, mawaddah, wa rahmah. Allah Ta'ala berfirman:

وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَکُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِکُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡکُنُوۡۤا اِلَیۡہَا وَ جَعَلَ بَیۡنَکُمۡ مَّوَدَّۃً وَّ رَحۡمَۃً ؕ اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ یَّتَفَکَّرُوۡنَ

Artinya:

“Dan, di antara tanda-tanda kekuasaa-Nya ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum ayat 21)

(Baca juga: DKI Kembali Terapkan PSBB, IAKMI: Seharusnya Skala Nasional )

Doa-Doa untuk Pengantin Lainnya

Selain mengucapkan doa di atas ada doa lainnya yang dianjurkan saat menyantap hidangan di acara pernikahan. Berikut adalah bacaan doanya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)