Sering Terlewatkan, Yuk Amalkan 8 Sunnah Sehari-hari Ini!

loading...
Sering Terlewatkan, Yuk Amalkan 8 Sunnah Sehari-hari Ini!
Kita hidupkan kembali sunnah-sunnah Rasulullah bermula dari amalan sunnah ringan yang bisa dilakukan dalam keseharian kita. Foto ilustrasi/ist
Banyak amalan sunnah sehari-hari, ringan, berpahala namun sering terlupakan atau terlewatkan begitu saja. Padahal bisa jadi dari amalan ini malah menjadi sebab turunnya rahmat Allah Ta'ala .

(Baca juga: Ngerinya Hutang Zina, Jangan Diremehkan! )

Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda:

"Barang siapa menghidupkan salah satu sunnahku yang telah dimatikan, sesudahku (sesudah aku meninggal dunia), maka bagi orang tersebut pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya , tanpa dikurangi sedikit pun dari pahala mereka". (HR at-Tirmidzi).



Saat ini, sebagian sunnah Rasulullah yang banyak terlupakan, baik yang berbentuk perkataan maupun perbuatan beliau.Disarikan dari berbagai sumber, berikut amalan-amalan sunnah Rasulullah bermula dari amalan sunnah ringan yang bisa dilakukan dalam keseharian kita. Di antaranya:

(Baca juga: Mandrasah Pertama yang Menggodok Keilmuan Imam Syafi'i )

1. Bangun lebih awal

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah bangun lebih awal, yaitu sebelum waktu subuh tiba. Mungkin hal ini terasa berat jika belum terbiasa, padahal bangun pagi itu bukanlah hal yang susah.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mencontohkan untuk tidak tidur terlalu malam selepas salat Isya. Sedangkan manusia normal tidak akan bisa untuk tidur terlalu lama. Dengan tidur lebih awal, Anda akan bangun lebih awal dengan sendirinya. Jadi yang harus diubah hanya kebiasaan tidur Anda. Mudah bukan?
halaman ke-1
cover top ayah
اَمَّنۡ هٰذَا الَّذِىۡ يَرۡزُقُكُمۡ اِنۡ اَمۡسَكَ رِزۡقَهٗ‌ ۚ بَلۡ لَّجُّوۡا فِىۡ عُتُوٍّ وَّنُفُوۡرٍ
Atau siapakah yang dapat memberimu rezeki jika Dia menahan rezeki-Nya? Bahkan mereka terus-menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri (dari kebenaran).

(QS. Al-Mulk:21)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video