Kunci Menambah Ketaatan Adalah Bergaul dengan Orang Saleh

loading...
Kunci Menambah Ketaatan Adalah Bergaul dengan Orang Saleh
Sesungguhnya duduk bersama orang saleh dan semua teman-temanya memberikan kebaikan, berkah, manfaat dan keuntungan. Foto ilustrasi/ist
Seorang muslim hendaknya mencari, bergaul, dan menjadikan orang laki-laki yang saleh sebagai kawan-kawannya. Dan perempuan muslimah hendaknya mencari, bergaul, dan menjadikan perempuan-perempuan saleha sebagai kawan-kawannya. Karena berteman dengan orang saleh adalah anjuran Islam .

Jangan merasa rendah bergaul dengan orang-orang yang taat, walaupun mereka orang-orang yang kekurangan secara duniawi, namun mereka memiliki derajat di sisi Allâh Yang Maha Tinggi.

Baca juga: Berikan Doa Perlindungan untuk Anak-anak di Waktu Pagi dan Petang

Allâh Azza wa Jalla berfirman :



وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

"Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS Al-Kahfi: 28)

Baca juga: Yakinlah Bahwa Sesudah Kesulitan Selalu Ada Kemudahan

Berkawan dengan orang saleh membawa dampak yang baik, karena kawan itu akan mempengaruhi kawannya. Jika kawan itu salehb maka akan membawa kepada kebaikan, sebaliknya jika kawan itu buruk akan membawa kepada keburukan.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan hal ini di dalam hadis shahih :
halaman ke-1
cover top ayah
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

(QS. Al-Fatihah:5)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video