Yakinlah Bahwa Sesudah Kesulitan Selalu Ada Kemudahan

loading...
Yakinlah Bahwa Sesudah Kesulitan Selalu Ada Kemudahan
Jika kesempitan itu semakin terasa sulit dan semakin berat, maka seorang hamba akan menjadi putus asa dan demikianlah keadaan makhluk yang tidak bisa keluar dari kesulitan. Foto ilustrasi/ist
Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberi janji bahwa di balik kesulitan, pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Jadi ketika kita mengalami masa-masa sulit bersabarlah, cukup legakan hati dengan membaca janji Allah SWT dalam Al-Qur'an sebagaimana dalam surat Al-Insyirah ayat 5-6:

Allah Ta’ala berfirman,

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah :5)



Baca juga: Hati-hati, Menghina dengan Sebutan Nama Binatang Masuk Kategori Dosa Besar Lho!

Ayat ini pun diulang setelah itu,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 6)

Rahasia mengapa di balik kesulitan, ada kemudahan yang begitu dekat? Ibnu Rajab telah mengisyaratkan hal ini. Beliau berkata, “Jika kesempitan itu semakin terasa sulit dan semakin berat, maka seorang hamba akan menjadi putus asa dan demikianlah keadaan makhluk yang tidak bisa keluar dari kesulitan.
halaman ke-1
cover top ayah
لِّـكَيۡلَا تَاۡسَوۡا عَلٰى مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُوۡا بِمَاۤ اٰتٰٮكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرِۙ‏
Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang hilang darimu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri. 

(QS. Al-Hadid:23)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video