Keutamaan Mendoakan Orang yang Meninggal Dunia

loading...
Keutamaan Mendoakan Orang yang Meninggal Dunia
Seorang muslim memanjatkan doa di pekuburan Sahabat Nabi di Baqi Kompleks Masjid Nabawi Madinah. Foto/Istimewa
Bagi sebagian muslim masih ada yang enggan mendoakan orang yang sudah meninggal dunia. Mereka berhujjah dengan Hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, "Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya." (HR Muslim)

Sebuah kekeliruan jika hanya berhujjah dengan hadis tersebut, sebab di hadis lain Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan umatnya mendoakan orang yang sudah wafat termasuk memohon istighfar bagi mereka.

Baca Juga: Benarkah Pahala Bacaan Alqur'an Tidak Sampai kepada Mayit? (2)

Mendoakan orang yang sudah meninggal merupakan kewajiban bagi muslim yang masih hidup, apalagi yang meninggal itu adalah anggota keluarga atau orang tua kita. Salah satu akhlak mulia termasuk mendoakan orang yang meninggal dunia.



Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda: "Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang terpercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya. Dan sesungguhnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Allah untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka." (HR Ad-Dailami)

Di hadis lain, beliau bersabda: "Apabila salah seorang mendoakan saudaranya sesama muslim tanpa diketahui oleh yang didoakan, maka para Malaikat berkata 'Amin' dan semoga engkau memperoleh pula seperti apa yang engkau doa kan itu." (HR Muslim dan Abu Daud)

Nabi صلى الله عليه وسلم juga diperintahkan dengan ayat Al-Qur'an:
وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

"Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan." (QS. Muhammad: 19)

Dari Abu Ad-Darda' radhiyallahu'anhu dia berkata: Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ
halaman ke-1
cover top ayah
فَبِاَىِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

(QS. Ar-Rahman:13)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video