Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Bagaimana Hukumnya?

Sabtu, 30 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A


Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu berikut ini. “Barang siapa yang tidak meninggalkan dusta dan perbuatan buruk, maka Allah tidak akan memerlukan ia dalam meninggalkan makan dan minumnya (Puasa).”

Lalu, bagaimana dengan menangis? Apakah menangis juga merupakan kegiatan yang bisa mengurangi pahala puasa?

Perihal menangis apakah mengurangi pahala puasa atau tidak, bisa diterjemahkan dari penyebab tangis itu sendiri. Karena, seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap amalan itu baik dan buruknya selalu berkaitan dengan niat di dalam hati. Jika seseorang menangis seperti sahabat Abu Bakar As Shidiq, yaitu karena membaca Al Qur’an atau karena sholat, maka tentulah perkara itu adalah perkara yang baik, yang semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.



Menangis karena mengingat dosa dan maksiat yang selama ini dilakukan dan menangis karena ingin bertaubat kepada Allah dan mendapat ampunan-Nya juga merupakan perihal menangis yang baik, yang selalu ingin dekat dengan Allah. Tentu saja akan ada ganjaran atau pahala tersendiri bagi orang yang menangis karena sebab hal-hal di atas yang hanya Allah sendiri yang tahu.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)