10 Ganjaran Bagi Orang yang Bertakwa

Selasa, 02 Februari 2021 - 23:02 WIB
loading...
10 Ganjaran Bagi Orang yang Bertakwa
Ustaz Rikza Maulan, Dai lulusan Al-Azhar Mesir Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadits. Foto/Ist
A A A
Dalam satu ayat yang masyhur, Allah berfirman yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya. Dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (QS Ali Imran Ayat 102). Ayat ini sering dibaca khatib saat Khutbah Jumat.

Baca Juga: Kiamat Sudah Dekat, Tanda-Tanda yang Disebut Rasulullah Terus Bermunculan

Menurut Ibnu Katsir, takwa adalah menaati segala perintah Allah dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Adapun keutamaan orang yang bertakwa akan mendapat balasan dari Allah baik di dunia maupun di akhirat.



Berikut 9 ganjaran bagi orang bertakwa sebagaimana diterangkan Ustaz Rikza Maulan, Dai lulusan Al-Azhar Mesir. Di antaranya:

1. Mendapat Pujian dan Sanjungan dari Allah.
Banyak sekali pujian yang Allah sampaikan kepada orang yang bertakwa. Di antaranya adalah dalam awal Surat Al-Baqarah, ketika Allah menyebutkan ciri-ciri orang yang bertakwa, Allah menutupnya dengan ungkapan yang sangat halus dan manis, "Mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk dari Rab mereka, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-Baqarah: 1-5).

Allah memuji ketakwaan sebagai suatu urusan yang patut diutamakan sebagaimana firmannya:

وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الأُمُورِ

"Dan jika kalian bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu merupakan termasuk urusan yang patut diutamakan. (QS. Ali Imran: 186)

2. Mendapat Pertolongan dan Penjagaan Allah dari Makar Musuh-musuh-Nya.
Berikut firman Allah:

وَاصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ إِلاَّ بِاللَّهِ وَلاَ تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلاَ تَكُ فِي ضَيْقٍ مِمَّا يَمْكُرُونَ(127)إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ - 128

"Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS An-Nahl: 127-128)

Kemudian pada ayat lain Allah mengatakan, bahwa jika kalian menolong Allah maka Allah akan menolong kalian (QS Muhammad: 7). Dan menolong Allah itu merupakan slah satu bentuk ketakwaan kepada Allah. Kemudian juga dalam Surat Ali Imran Ayat 120), Allah berfirman: "Dan jika kalian bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendaangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang mereka lakukan."

3. Mendapatkan Cinta Allah.
Hal ini digambarkan Allah dalam Surat Ali Imran Ayat 76:

بَلَى مَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ وَاتَّقَى فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ

"(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa."

4. Meraih Kemenangan Besar.
Mengenai hal ini Allah berfirman dalam Surah Al-Ahzab Ayat 70-71:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا* يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا*

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar."

5. Diampuni Dosa dan Kesalahan.
Orang yang bertakwa akan mendapatkan ampunan dari Allah sebagaimana firman-Nya:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3697 seconds (0.1#10.140)