alexametrics

Manfaat Takwa, dari Rezeki Hingga Ampunan Allah Ta'ala

loading...
Manfaat Takwa, dari Rezeki Hingga Ampunan Allah Taala
Allah menjanjikan kepada hambanya yang bertakwa yakni rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Foto ilustrasi/ist
Takwa adalah melakukan ketaatan kepada Allah berdasarkan nur (cahaya) dari Allah Ta'ala. Orang yang bertakwa hanya mengharap rahmat dan meninggalkan maksiat berdasarkan nur dari Allah dan takut akan azab Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjanjikan kepada hambanya yang bertakwa yakni rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Seperti dalam firman-Nya :

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

"Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. ...Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar." QS Ath-Thalaq : 2-3)



Pada ayat ini, Allah menjelaskan bahwa Dia menolak kemudharatan dari orang yang bertakwa dengan memberikan solusi baginya dan memberikan manfaat yang dapat memudahkannya memperoleh rezeki. Rezeki adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumi manusia, mencakup rzjeki di dunia dan rezeki di akhirat. (Baca juga : Hati-hati, Inilah Cara Iblis Celakakan Manusia)

Yang paling banyak dipertanyakan sebagian orang bahwa terkadang yang orang yang bertakwa tetapi dia tidak diberi rezeki (miskin), sebaliknya mereka yang tidak bertakwa justru mendapat rezeki berlimpah.



Dikutip dari kitab 'Tazkiyatun Nafs' karya syaikul Islam Ibnu Taimiyah dijelaskan, ayat Allah di surah Ath-Thalaq adalah jawabannya. Ayat tersebut menunjukkan bahwa orang yang bertakwa diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan bukan berarti orang yang tidak bertakwa tidak diberi rezeki, tetapi setiap makhluk mendapatkan rezeki. Sebagaimana firman Allah Ta'ala :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS Hud : 6)
halaman ke-1 dari 5
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
فَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يَّهۡدِيَهٗ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهٗ لِلۡاِسۡلَامِ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ اَنۡ يُّضِلَّهٗ يَجۡعَلۡ صَدۡرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَآءِ‌ؕ كَذٰلِكَ يَجۡعَلُ اللّٰهُ الرِّجۡسَ عَلَى الَّذِيۡنَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ
Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan hatinya untuk menerima Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-An’am:125)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak