Binatang Aneh Berubah Jadi Kaleng, Begini Celetukan Nashruddin

Kamis, 04 Februari 2021 - 07:50 WIB
loading...
Binatang Aneh Berubah Jadi Kaleng, Begini Celetukan Nashruddin
Ilustrasi/Ist
A A A
Suatu hari, ketika mencari kayu, Nashruddin melihat seekor kelinci yang belum pernah dilihatnya. Dia lalu menangkapnya dan berkata pada dirinya, "Ini binatang langka dan aku harus membawanya serta menunjukkannya ke seluruh penduduk negeriku; mungkin mereka tahu binatang apa ini?"

Nashruddin lalu memasukkan kelinci itu ke dalam kantung dan mengikatnya dengan kuat.

Setelah tiba di rumah, Nashruddin menceritakan pada istrinya dan mengingatkan padanya agar tak membuka kantung itu.


Dia berkata padanya, "Aku akan pergi untuk memanggil para pakar binatang dan menunjukkannya pada mereka."

Dasar manusia, selalu saja dia ingin melakukan segala yang dilarang. Ketika istri Nashruddin sendirian di rumah, dia berkata pada dirinya, "Coba ahh... Aku akan melihat isinya."

Sebab, dia tahu bahwa Nashruddin seringkali berbohong. Ternyata benar, ketika dia membuka kantung itu, tiba-tiba keluar seekor kelinci dan lari. Istri Nashruddin bingung, apa yang harus dia perbuat. Namun, tak ada jalan lain kecuali mengelabuinya.

Dia lalu mengambil kaleng gandum dan memasukkannya ke dalam kantung itu, kemudian mengikatnya kembali.

Istri Nashruddin menanti dan bertanya-tanya; kira-kira apa yang akan terjadi setelah itu.

Dia menduga bahwa Nashruddin hanya akan mengundang orang-orang yang suka bergurau dengannya saja, sehingga masalah itu akan selesai begitu saja tanpa masalah apa-apa.

Tapi, kenyataannya tidak demikian. Beberapa orang terpandang di antara para ilmuan negeri itu berdatangan ke rumah Nashruddin. Mereka masuk ke rumah Nashruddin, lalu duduk rapi di ruang tamu sambil'berkata, "Cepat, suruh keluar binatang langka itu."

Mereka sangat penasaran pada binatang itu.

Ketika Nashruddin mengambil kantung itu dan hendak membukanya, tatapan mata mereka pun terpusat padanya, sehingga keadaan menjadi hening.

Namun, apa yang terjadi?

Ketika Nashruddin membuka kantung itu, yang keluar bukanlah seekor kelinci, namun sebuah kaleng kosong yang jatuh menggelinding.

Nashruddin menjadi bingung, apa yang harus dia katakan pada orang-orang itu. Lalu dia berkata pada mereka,"Kaleng ini isinya sepuluh kilogram."



===
Dinukil dari Canda Ala Sufi terjemahan Muhdor Assegaf dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)