Menambal Amal yang Cacat

Kamis, 11 Februari 2021 - 06:42 WIB
loading...
Menambal Amal yang Cacat
Istighfar adalah penutup setiap amalan shalih. Salat lima waktu, haji, salat malam, dan pertemuan dalam majelis biasa ditutup dengan amalan zikir istighfar ini. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ternyata salah satu penyebab orang dimasukan ke neraka adalah sebab amalan yang banyak dan beragam tapi penuh cacat, baik motif dan niatnya, maupun kaifiyat yg tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Selesai salat misalnya, kita sering melafalkan sebuah doa, “Ya Allah, Ya Rabb, terimalah salat dan semua ibadah kami, serta sempurnakanlah kekurangan kami.”

Baca juga: Hukum Mengucapkan Salam Kepada Lawan Jenis

Karenanya tak dapat disangkal, berbagai ibadah , baik itu salat, zakat, haji dan puasa yang kita lakukan memang tak terlepas dari kekurangan di sana-sini . Sehingga memohon kemurahan Allah Ta'ala untuk memaafkannya, dan jika berkenan untuk menyempurnakannya.

‪Alkisah suatu hari Atha As-Salami, seorang Tabi`in bermaksud menjual kain yang telah ditenunnya kepada penjual kain di pasar. Setelah diamati dan diteliti secara seksama oleh sang penjual kain, sang penjual kain mengatakan, "Ya, Atha sesungguhnya kain yang kau tenun ini cukup bagus, tetapi sayang ada cacatnya sehingga saya tidak dapat membelinya."

‪Begitu mendengar bahwa kain yang telah ditenunnya ada cacat, Atha termenung lalu menangis. Melihat Atha menangis, sang penjual kain berkata, "Atha sahabatku, aku mengatakan dengan sebenarnya bahwa memang kainmu ada cacatnya sehingga aku tidak dapat membelinya, kalaulah karena sebab itu engkau menangis, maka biarkanlah aku tetap membeli kainmu dan membayarnya dengan harga yang pas."



‪Tawaran itu dijawabnya, "Wahai sahabatku,engkau menyangka aku menangis disebabkan karena kainku ada cacatnya? ketahuilah sesungguhnya yang menyebabkan aku menangis bukan karena kain itu. Aku menangis disebabkan karena aku menyangka bahwa kain yang telah kubuat selama berbulan-bulan ini tidak ada cacatnya,tetapi di mata engkau sebagai ahlinya ternyata ada cacatnya."

‪Begitulah aku menangis kepada Allah dikarenakan aku menyangka bahwa ibadah yang telah aku lakukan selama bertahun-tahun ini tidak ada cacatnya, tetapi mungkin di mata Allah sebagai ahli-Nya ada cacatnya, itulah yang menyebabkan aku menangis."

Menambal Amal yang Cacat

Dari kisah salah satu Tabi'in ini, menyadari sedini mungkin tentang amal yang kita lakukan apakah sudah sesuai ataukah tidak. Untuk menyempurnakan kekurangan itu, agama telah memberikan solusi untuk menambal berbagai kekurangan dan cacat amal tersebut. Hadis menunjukkan amal-amal sunat dapat dijadikan sebagai penambal kekurangan dan cacat ibadah fardu.



Dinukil dari berbagai sumber, inilah amalan yang dapat menambal amal-amal yang cacat tersebut, di antaranya:

1. Salat

Ash-Shan’ani dalam kitabnya Subulus Salam mengatakan, di antara hikmah salat sunat rawatib adalah sebagai penambal bagi kekurangan dan cacat yang terdapat dalam salat fardu, seperti kurang khusyu atau tawadhunya.

Hal ini didukung oleh hadis riwayat Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Hakim, “Amal seseorang yang pertama akan dihisab di hari kiamat adalah salatnya. Apabila dia menyempurnakannya dicatatlah baginya sempurna, jika dia tidak menyempurnakan salatnya, Allah akan berkata kepada malaikat-Nya, “Periksalah apakah kalian menemukan hamba-Ku ini memiliki salat sunnah, dengan itulah sempurnakan salat fardunya. Kemudian zakat juga seperti itu. Beberapa amal diambil sesuai ukurannya.” (Subulus-Salam, 2/4)

Hadis ini menunjukkan, bahwa bukan hanya salat yang akan diperiksa kekurangan dan cacatnya, tetapi juga zakat dan dikiaskanlah ibadah-ibadah lainnya seperti puasa. Jika ibadah ini terdapat kekurangan maka akan dilihat apakah ada amal yang dilakukan untuk menambal kekurangan dan cacat ibadah itu.



2. Sedekah

Ketika kita puasa misalnya, puasa yang kita lakukan rawan untuk ditolak karena penjagaan yang kita lakukan juga sangat kurang. Cobalah duduk di sore hari menjelang berbuka, lalu renungkan apakah ibadah puasa kita hari ini bersih dari noda-noda dosa? Karena puasa yang diterima itu adalah puasa yang bersih dari noda dosa.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)