Ketika Mendengar Kematian, Inilah Doa untuk yang Meninggal dan Bertakziah

Minggu, 14 Februari 2021 - 15:10 WIB
loading...
Ketika Mendengar Kematian, Inilah Doa untuk yang Meninggal dan Bertakziah
Semua makhluk yang bernyawa pasti akan mati dan kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Semua makhluk yang bernyawa pasti akan mati dan kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi. Allah Ta'ala telah menegaskan soal kematian ini dalam surat Al Anbiya ayat 35, "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan."



Kematian sendiri menurut Dr Musa bin Fathullah Harun dalam bukunya 'Perjalanan Rabbani', menjelaskan, kematian merupakan pindahnya roh dari jasad, bukan berakhirnya kehidupan . Kematian pun hanya menjadi perpindahan dari alam dunia yang fana ke alam barzakh, yaitu alam pemisah antara dunia dengan akhirat. Maut menjadi pintu gerbang untuk melalui akhirat.

Roh manusia yang wafat akan tinggal di alam barzakh hingga hari kebangkitan manusia dari kuburnya pada kiamat kelak. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan dari Imam Tirmidzi.

"Sesungguhnya kubur itu awal persinggahan dari persinggahan-persinggahan akhirat. Barang siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah darinya. Barang siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih sukar darinya. (HR Tirmizi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Utsman bin Affan RA).



Lalu bagaimana sikap sebagai muslim, ketika mendengar kabar kematian ini? Sebagai muslim, kita diharuskan mendoakan orang yang meninggal tersebut. Karena mendoakan orang yang meninggal termasuk dalam hak muslim atas muslim lainnya. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Hak orang muslim atas lainnya ada enam perkara yakni, bila bertemu maka ucapkanlah salam kepadanya, bila diundang maka penuhilah, bila minta nasihat (kebaikan) maka berikah nasihat, bila dia bersin dan membaca hamdalah maka doakanlah (yarhamukallah dan orang yang bersin membalas doa yahdikallah), bila ia sakit maka jenguklah dan bila ia meninggal maka iringkanlah." (HR. Muslim).



Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa doa yang dapat kita dipanjatkan untuk orang meninggal.

1. Membaca Istirja

Jika mendengar orang meninggal dunia, Muslim dianjurkan membaca istirja yakni

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Atau Innalillahi wa innaa ilaihi raajiuun yang artinya sesungguhnya kita adalah milih Allah dan semuanya akan kembali kepada Allah.

Istirja dibaca tak hanya ketika seseorang meninggal namun juga ketika mendengar kabar musibah lainnya, seperti seseorang jatuh sakit hingga bencana alam.



Setelah itu membaca doa di bawah ini.

اللَّهُمَّ أجُرني فِي مُصِيبَتِي واخلُف لِي خَيْرًا مِنْهَا

Allahuma ajurnii fii musibatii wakhluf lii khoiran minhaa.

"Ya Allah, berilah daku pahala dalam musibahku ini, dan gantikanlah buatku yang lebih baik daripadanya, melainkan diberlakukan kepadanya apa yang dimintanya itu."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)