Habib Quraisy: Jangan Berlebihan Mencintai Dunia

loading...
Habib Quraisy: Jangan Berlebihan Mencintai Dunia
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/ist
Hubbud Dunya (cinta dunia) merupakan salah satu penyakit hati. Kehancuran umat bisa terjadi karena perasaan Hubbud Dunya. Dunia seakan-akan abadi dan kekal sehingga melalaikan kehidupan setelah mati.

Menurut pandangan Al-Qur'an, dunia hanyalah permainan dan sendagurau. Banyak ayat Al-Qur'an yang mengingatkan manusia tentang tipu daya dunia. Berikut salah satu firman-Nya:

إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

"...Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syetan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah." (QS. Luqman: 33)



Baca Juga: Jangan Khawatir Rezeki dan Jodohmu, Khawatirkanlah Amalanmu!

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun menyampaikan nasihat tentang tipu daya dunia. Beliau menukil salah satu ayat Allah.

كَلَّا بَلْ تُحِبُّونَ الْعَاجِلَةَ ﴿٢٠﴾ وَتَذَرُونَ الْآخِرَةَ

"Tidak! Bahkan kamu mencintai kehidupan dunia dan mengabaikan (kehidupan) akhirat." (QS Al-Qiyamah: 20-21)

Berkata Imam Ibnu Katsir, firman Allah yang artinya "Sekali-kali janganlah demikian. Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia dan meninggalkan (kehidupan) akhirat." (Al-Qiyamah: 20-21)
halaman ke-1
cover top ayah
لَا يَنۡهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يُقَاتِلُوۡكُمۡ فِى الدِّيۡنِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوۡكُمۡ مِّنۡ دِيَارِكُمۡ اَنۡ تَبَرُّوۡهُمۡ وَ تُقۡسِطُوۡۤا اِلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ‏
Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.

(QS. Al-Mumtahanah:8)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video