Jangan Khawatir Rezeki dan Jodohmu, Khawatirkanlah Amalanmu!

loading...
Jangan Khawatir Rezeki dan Jodohmu, Khawatirkanlah Amalanmu!
Al-Habib Quraisy Baharun, pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat. Foto/Ist
Rezeki tak mungkin tertukar, ia telah tercatat dan ditakdirkan dengan sebab-sebabnya. Demikian pula jodoh , setiap orang telah ditentukan dengan siapa ia akan menikah. Jangan risau dengan rezeki karena semua telah dijamin Allah 'Azza wa Jalla.

Seberapa pun kuatnya usaha apabila bukan rezeki kita, tak akan bisa kita miliki. Dan apabila ditakdirkan itu adalah rezeki kita, maka tak ada orang yang bisa mengambilnya meski mereka berusaha merampasnya. Itulah ketentuan dan takdir hidup. (Baca Juga: Nasihat Indah Habib Quraisy Tentang Rezeki )

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun mengatakan dalam tausiyahnya, banyak manusia yang takut tidak kebagian rezeki , sehingga hal yang haram pun diambilnya. Dan rezeki tak mungkin tertukar, Allah telah membagi rezeki dengan adil dan sesuai ukuran hambanya.

إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا



"Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya, sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya." (Surah Al-Isra': 30)

Janganlah khawatirkan rezekimu , karena Allah sudah menjamin untuk semua makhluk hidup. Namun, khawatirkanlah amalanmu karena Allah tidak menjamin seorang manusia masuk surga.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda:

إن الرزق ليطلب العبد كما يطلبه أجله

"Sesungguhnya rezeki akan mengejar seorang hamba seperti ajal mengejarnya" (HR. Ibnu Majah No 5312)
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَا تَتَمَنَّوۡا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعۡضَكُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ‌ ؕ لِلرِّجَالِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبُوۡا ؕ‌ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبۡنَ‌ ؕ وَسۡئَـلُوا اللّٰهَ مِنۡ فَضۡلِهٖ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا
Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. An-Nisa:32)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video