Menyikapi Hadis-hadis Dhaif Seputar Amaliah Bulan Rajab

Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Sebab, tidak semua yang dhaif itu terlarang dan tidak boleh diamalkan. Hadits dhaif sejatinya masih hadits yang bersumber dari Nabi صلى الله عليه وسلم, akan tetapi cacatnya hanya dari segi sanad atau perawinya.

Kembali pada pembahasan utama di atas terkait apakah boleh mengamalkan hadits-hadits dhaif dalam amalan seputar keutamaan di bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan?

Untuk menjawab persoalan ini, Al-Imam Al-Muhadits Al-Haafidz Syekh Ibnu Hajar Al-Atsqalani menuliskan sebuah risalah tentang hadits-hadits dhaif dalam amaliah Rajab yang beliau namakan "Tabyiinu al-'Ajab fi maa Warada fi Syahri Rajab".

Siapa yang meragukan kepakaran Imam Ibnu Hajar al-Atsqalani dalam bidang kepakaran hadits. Beliaulah pensyarah Kitab Fathul Baari Syarah Shahih Al-Bukhari yang berpuluh-puluh jilid itu dan menjadi rujukan bagi kaum muslimin semenjak 700 tahun yang lalu.

Cukuplah, Imam Ibnu Hajar al-Asqalani menyebutkan ada banyak keutamaan dalam amaliah bulan Rajab yang telah disepakati dan diamaliahkan para ulama semenjak ratusan tahun yang lalu.

Jika hadits-hadits dhaif terlarang dan tidak boleh diamalkan, tentunya Imam Ibnu Hajar al-Atsqalani tidak akan menyusun kitab risalah tersebut, bukan?

Sementara ada orang baru mengaji melalui kajian di "Youtube" atau "Google" ujug-ujug membid'ahkannya. Astaghfirullah. Dunia sudah terbalik rupanya.

Bagaimana cara kita menyikapinya?
Amalkan saja dan tidak perlu memperdulikan mereka yang tidak ingin mengamalkannya. Sebab, amalan sunnah itu pilihan, bukan keharusan. Bagi yang ingin beramal dipersilahkan. Bagi yang tidak sepakat atau meragukan ya jangan dipaksakan, apalagi diperdebatkan. Semua persoalan sudah tuntas dibicarakan para ulama semenjak abad pertengahan.

Tak perlu umat ini dibuat sibuk dengan perdebatan dan pertentangan setiap tahunnya, sebab masih banyak persoalan kita di akhir zaman ini. Persatuan umat Islam, lebih diutamakan dari perpecahan. Sepakat?

Wallahu A'lam

Baca Juga: Amalan dan Zikir di Bulan Rajab
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2540 seconds (0.1#10.140)