Begini Do'a dan Zikir Ketika I’tidal Sesuai Sunah Nabi

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:09 WIB
loading...
A A A
Dari Rifa’ah bin Rafi’ Az-Zarqi r.a., ia berkata, “Suatu hari, kami shalat di belakang Nabi saw. lalu ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku’, beliau mengucapkan, “Sami’Allahu liman Hamidah. Lalu ada seorang laki-laki yang berada di belakangnya mengucapkan, “Rabbanaa walakal hamdu hamdan katsiran thayyiban mubarakan fihi.” Ketika (hendak) pergi, beliau bertanya, “Siapa yang mengucapkan tadi?” laki-laki itu menjawab, “Saya.” Beliau bersabda, “Aku melihat 30 lebih malaikat yang berebutan pertama kali menulis amalnya.” (HR. Al-Bukhari)

Imam Nawawi mengatakan ragam bacaan dzikir yang bisa dibaca saat i’tidal tersebut semuanya sunnah dilakukan baik bagi imam, makmum, maupun orang yang shalat sendirian.

Kecuali bagi imam, tidak boleh membaca semua dzikir tersebut kecuali ia mengetahui bahwa makmumnya juga memperbolehkan ia shalat dengan bacaan yang panjang. Hal ini disebabkan karena kondisi imam yang berbeda-beda, ada yang tua, sibuk, dan lain sebagainya. Sehingga dikhawatirkan jika imam membaca terlalu panjang dan lama, maka makmumnya akan merasa resah. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)