Zikir Pembuka Rezeki, Amalan Ringan yang Membuat Rezeki Datang Berlimpah

Kamis, 04 Maret 2021 - 07:55 WIB
loading...
Zikir Pembuka Rezeki, Amalan Ringan yang Membuat Rezeki Datang Berlimpah
Dengan berzikir, manusia akan senantiasa bahwa usaha dan ikhtiarnya senantiasa dinilai dan dilihat oleh Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk membuka pintu rezeki yang Allah berikan. Salah satunya melalui amalan berzikir. Nah, ketika rezeki seret, kita dianjurkan mengamalkan zikir pembuka rezeki yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. InsyaAllah, rezeki akan mengalir lancar.



Dalam Islam, rezeki sendiri adalah bentuk kenikmatan Allah yang wajib manusia syukuri. Hal ini disampaikan Allah melalui Al-Quran,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim : 7)

Berzikir adalah salah satu hal yang penting agar manusia senantiasa mendapatkan rezeki dan nikmat hidup dari Allah SWT. Banyak keutamaan yang dihasilkan dari berzikir ini, mulai dari diampunin dosa, hingga membuka pintu-pintu rezeki tersebut.



Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kalimat-kalimat zikir untuk membuka pintu rezeki:

Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi

Artinya: “Tiada dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis: "Barangsiapa yang lambat datang rezekinya hendaklah banyak mengucapkan – La hawla Wala Quwwata Illa billah". (HR. At-Tabrani)



La Ilaha Ilallah Al Malikul Haqqul Mubin

Artinya: "Tiada Tuhan yang disembah melainkan Allah, Allah yang Maha Benar lagi Maha Nyata"

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis: "Barangsiapa setiap hari membaca La ilaha illalla al malikul haqqul mubin maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penenteram dari rasa takut dalam kubur." (HR. Abu Nu’aim dan Ad Dailami)

Laa ilaha illallaahul malikul-haqqul mubin. Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil 'adzim, astaghfirullah

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahamenguasai, Mahabenar, dan Mahamenjelaskan. Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya. Mahasuci Allah yang Mahaagung, aku memohon ampun padaMu,".

Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis: "Dari setiap kalimat itu seorang malaikat yang bertasbih kepada Allah Ta’ala sampai hari kiamat yang pahala tasbihnya itu diberikan untukmu." (HR. Al-Mustagfiri dalam Ad-Da’awat)

Baca juga: 3 Anggota Polda Metro Jadi Terlapor Dugaan Pembunuhan di Luar Hukum Laskar FPI

Keutamaan Berzikir Terhadap Rezeki Manusia

Banyak yang berpikir bahwa dengan menyebut-nyebut nama Allah saja maka kita akan selamat dan mendapatkan rezeki yang banyak. Tentu saja, bukan hanya sekedar itu untuk bisa mendapatkan kenikmatan dan rezeki dari Allah SWT.

Sama hal-nya seperti orang yang selalu memuji-muji atasannya, akan tetapi ia selalu lalai dalam melaksanakan tugas atau melaksanakan perintah. Tentu saja, hal ini akan menjadi pertimbangan bagi sang atasan. Begitupun dengan kita terhadap Allah SWT.



Berikut adalah penjelasan bahwa berdizikir memiliki dampak terhadap rezeki manusia.

1. Mendatangkan kehalalan rezeki

Dengan berzikir, manusia akan senantiasa bahwa usaha dan ikhtiarnya senantiasa dinilai dan dilihat oleh Allah SWT. Usaha yang disertai dzikir akan membuat manusia senantiasa mencari rezeki yang halal dan diridhoi Allah, bukan sekedar mendapatkan harta atau hasil yang banyak tetapi haram. Untuk itu, berdzikir membantu kita dalam membukakan rezeki yang halal bagi manusia serta membukakan kesuksesan

2. Selalu berikhtiar dengan hukum dan Sunnatullah yang Allah tetapkan

Dengan senantiasa berzikir dan mengingat hukum-hukum Allah di segala aspek (hukum, ekonomi, sosial, budaya, politik, dsb) kita akan selalu berikhtiar atas ilmu pengetahuan yang benar bukan yang sesat. Ilmu pengetahuan yang benar, yang sesuai dengan Sunnatullah yang Allah tetapkan akan membuat manusia semakin bisa mengali apa yang ada di dalam alam semesta ini.



3. Menyerahkan hasil ikhtiar kepada Allah

Orang yang berzikir, akan senantiasa menyerahkan hasil ikhtiar kepada Allah SWT. Ia akan menyerahkan ketika segala ikhtiarnya telah dilakukan sesuai hukum-hukum sunnatullah yang ada. Setelah semua dilakukan maka akan memasrahkan apapun kepada Allah Ta'ala. Dengan begitu, dzikir membuat kita lebih ikhlas dan tawakal atas rezeki yang Allah berikan. Manfaat Tawakal Kepada Allah SWT tentunya akan mendatangkan ketenangan dan keikhlasan kita dalam menerima apapun realitas yang akan kita hadapi sesulit apapun itu.

4. Tidak berputus asa akan rezeki di dunia

Dengan berzikir, seseorang akan senantiasa mengingat bahwa di dunia ini yang memiliki harta dan segala kenikmatan yang ada di alam semesta adalah Allah. Jika ia senantiasa mengingat hal tersebut, ia tidak akan ketakutan kekurangan rezeki atau kekurangan nikmat karena semua yang ada ini dimiliki oleh Allah SWT.



Ia tidak akan bergantung kepada selain Allah apalagi sampai meninggalkan keimanan atau aturan-aturan Allah demi mendapatkan rezeki yang diinginkannya.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)