Asal Usul Sholawat Ibrahimiyah yang Jarang Diketahui Orang

Kamis, 18 Maret 2021 - 17:54 WIB
loading...
A A A
Kekaguman Nabi Ibrahim terhadap Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan umatnya menjadikannya banyak memohon kepada Allah agar dapat memperoleh keutamaan dari nabi dan umat terakhir. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Nabi Ibrahim selalu membaca shalawat Ibrahimiyah untuk Nabi Muhammad. Beliau juga memohon agar namanya tetap disebut oleh umat Nabi Muhammad hingga Hari Kiamat. Bahkan keinginannya menjamu umat Nabi Muhammad hingga hari kiamat pun dikabulkan oleh Allah.

Keutamaan Sholawat Ibrahimyah
Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan sebuah hadits riwayat Imam Bukhari di mana Rasulullah bersabda:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

"Barangsiapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya."

Membaca Sholawat Ibrahimiyyah 1000 kali dalam satu malam, maka ia akan bermimpi bertemu Rasulullah صلى الله عليه وسلم minimal sekali.

وَذَكَرَ بَعْضُهُمْ اَنَّ قِرَاءَتَهَا اَلْفَ مَرَّةٍ تُوْجِبُ رُؤْيَةَ النَّبِي صَلَّي اللهُ عَلَيْهَ وَسَلَّمْ

"Sebagian ulama berkata bahwa membaca Sholawat Ibrahimiyyah ini 1000 kali maka membuat orang yang membaca dapat berjumpa Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam mimpinya.”

Sholawat ini bisa dibaca kapan saja, namun diutamakan di malam Jumat. Adapun waktu yang dihabiskan dalam mengamalkan sholawat ini kira-kira 3 hingga 4 jam.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)