5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran

Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
loading...
5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran
Lebah menjadi salah satu hewan yang namanya diabadikan menjadi nama surat dalam Al Quran yakni surat A-Nahl. Foto istimewa
A A A
Penamaan surat yang ada dalam Al-Qur’an menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.

Jumhur atau mayoritas ulama bersepakat, penamaan surah-surah Al-Qur’an adalah berasal dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, meskipun ada beberapa yang berpendapat bahwa hal itu merupakan hasil ijtihad para sahabat.



Nama-nama surat, sedikit banyak akan menggambarkan isi sebuah surah Al-Qur’an. Fungsinya seperti kata kunci, meskipun nanti memang banyak sekali ayat yang secara tampak tidak mengikuti alur kata kunci nama surat-nya. Tentang surat yang dinamai nama-nama hewan ini, setidaknya ada lima surat dalam Al-Qur'an yang dinamai nama hewan, yakni :

1. Surah Al-Baqarah

Al Baqarah yang bermakna ‘sapi betina’. Diberi nama demikian karena di dalamnya berisi sebuah kisah tentang Bani Israil yang terus-terusan bertanya soal sapi yang ingin disembeloh kepada Nabi Musa alaihissalam.



Surah ini terdiri dari 286 ayat dan terhimpun dari juz 1 hingga sebagian juz 3. Surah ini termasuk golongan Surat Madaniyah, dan ini jelas terlihat pada jumlah ayatnya yang banyak, sebagaimana ciri Surat Madaniyah lazimnya l.

2. Surah An-Nahl

Surat ini mempunyai arti ‘lebah’. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat ayat ketika Allah SWT mewahyukan kepada lebah tentang cara membuat sarang dan lokasinya. Surah yang terletak di juz 14 ini termasuk Surah Makkiyah dan terdiri dari 128 ayat.



3. Surah An-Naml

Artinya berarti ‘semut’. Diambil nama demikian karena di dalamnya terdapat kisah gerombolan semut yang diinstruksikan masuk sarang oleh ratunya ketika Nabi Sulaiman dan pasukannya hendak lewat di sebuah jalan.

Nabi Sulaiman yang mengetahui hal itu hanya tersenyum.

حَتّٰىٓ اِذَآ اَتَوْا عَلٰى وَادِ النَّمْلِۙ قَالَتْ نَمْلَةٌ يّٰٓاَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوْا مَسٰكِنَكُمْۚ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمٰنُ وَجُنُوْدُهٗۙ وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ

Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.” (QS. An-Naml ayat 18)



Surah ini termasuk Surah Makkiyah dan terletak di juz 19, serta terdiri dari 93 ayat.

4. Surah Al-Ankabut

Makna dari nama surat ini yakni ‘laba-laba’. Penamaan demikian karena di dalamnya terdapat ayat yang mengungkapkan perumpamaan para penyembah berhala dengan laba-laba yang terlalu percaya pada kekuatan sarangnya. Termasuk Surah Makkiyah, surah ini merupakan surah ke 29 dan terletak di juz 20, dan terdiri dari 69 ayat.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)