Orang-orang yang Mendapat Syafa'at di Hari Kiamat

Selasa, 30 Maret 2021 - 14:57 WIB
loading...
Orang-orang yang Mendapat Syafaat di Hari Kiamat
Kesulitan pada Hari Kiamat tidak akan dirasakan oleh orang-orang yang memperoleh syafaat. Foto/Ist
A A A
Pada Hari Kiamat, kesukaran dan kerisauan manusia sangat dahsyat sehingga mereka sibuk mencari para Nabi untuk meminta syafa'at (pertolongan). Beruntunglah mereka yang menjadi umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم karena akan mendapat syafa'at dari beliau atas izin Allah Ta'ala.



Berikut enam golongan orang-orang yang mendapat syafa'at di Hari Kiamat sebagaimana disebutkan Ustaz Najmi Umar Bakkar dalam satu kajiannya. Adapun mereka yang mendapat syafaat adalah orang-orang ketika di dunia mengerjakan kebajikan.

1.Orang yang Mengucap La ilaha Illallah dengan Ikhlas
Nabi صلى الله عليه وسلم pernah ditanya: "Siapakah orang yang paling bahagia dengan syafa'atmu pada hari Kiamat ?" Nabi menjawab :

أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ

"Yang paling berbahagia dengan syafa'atku nanti pada hari Kiamat adalah orang yang mengucapkan 'Laa ilaahaa illallaah' dengan ikhlas dari hatinya atau dirinya." (HR. Al-Bukhari No. 99, hadits dari Abu Hurairah)

2. Sering Membaca Al-Qur'an

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

"Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari Kiamat nanti memberi syafa'at bagi yang membaca dan mengamalkannya." (HR. Muslim No. 804, hadits dari Abu Umamah)

3. Orang yang Banyak Bersholawat kepada Nabi

أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً

"Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku pada hari Kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku." (HR. At-Tirmidzi No. 484, Hadits dari Ibnu Mas’ud)

4. Membaca Surah Al-Baqarah dan Ali Imran

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ : الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا

"Bacalah dua bunga, yaitu Surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Karena keduanya akan datang pada hari Kiamat seakan-akan keduanya dua awan besar atau dua kelompok besar dari burung yang akan membela orang-orang yang senantiasa rajin membacanya." (HR. Muslim 804, hadits dari Abu Umamah)

5. Membaca Surah Al-Mulk

إِنَّ سُورَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلَاثِينَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا حَتَّى غُفِرَ لَهُ: تَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

"Sesungguhnya ada sebuah surat di dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, yang akan memberi syafa'at kepada seseorang sehingga dia pun diampuni. Dan surah itu adalah Tabaarokalladzii biyadihil Mulk (surah al-Mulk [67])" (HR. Abu Dawud no.1400, at-Tirmidzi no. 2891, Ibnu Majah no. 3786, Ahmad XV/129, dan al-Hakim I/565, hadits dari Abu Hurairah)

6. Sering Menjalankan Puasa Sunnah

ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻭَﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﻳَﺸْﻔَﻌَﺎﻥِ ﻟِﻠْﻌَﺒْﺪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ، ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ : ﺃَﻱْ ﺭَﺏِّ، ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻬَﻮَﺍﺕِ ﺑِﺎﻟﻨَّﻬَﺎﺭِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ : ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﻴُﺸَﻔَّﻌَﺎﻥِ

"Amalan puasa dan juga membaca Al-Qur'an akan memberi syafa'at bagi seorang hamba nanti di hari Kiamat. Puasa pun berkata: "Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat pada siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafa'at kepadanya". Dan Al-Qur'an pun berkata: "Aku menahannya dari tidur pada waktu malam hari, maka izinkanlah aku memberi syafa'at kepadanya", maka keduanya pun diizinkan utk memberi syafa'at" (HR. Ahmad no. 6626, ath-Thabrani 14/72 no. 14672 serta al-Hakim no. 2036, hadits dari Ibnu 'Amr)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)