Subhanallah! 2 Amalan Ini Akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Jum'at, 08 Mei 2020 - 08:02 WIB
loading...
Subhanallah! 2 Amalan Ini Akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat
Selain shalawat kepada Nabi, ada dua amalan yang akan memberikan syafaat pada hari Kiamat. Foto/dok SINDOnews
A A A
Semua orang pasti mendambakan syafaat (pertolongan) ketika datangnya hari yang sulit ( Kiamat ). Selain shalawat kepada Nabi, ada dua amalan yang akan memberikan syafaat pada hari Kiamat.

Kedua amalan ini akan datang menghadap Allah 'Azza wa Jalla untuk membela hamba yang mengerjakannya di dunia. Apa saja kedua amalan itu? Berikut hadis dan penjelasannya.

عَنْ عَبْدِاللهِ بِنِ عُمَرَوَ رَضَىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصّـِيَامُ وَالقُرْآنُ يَشْفَعَانِ للِعَبْدِ، يَقُوْلُ الصّـيِامُ رَبِّ أِنّي مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ والشَّرابَ في النَّهارِ فَشَفِّعنِيْ فِيهِ، وَيَقُوْلُ القُرْآنُ رَبِّ اِنّيِ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللّيْلِ فَشَفِّعني فِيهِ فَيُشَفَّعَاَنِ. (رواه أحمد وابن ابي الدنيا والطبراني في الكبير والحاكم وقال صحيح على شرط مسلم).

Dari Abdullah bin Amr RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Shaum dan Al-Qur'an akan memberi syafaat bagi hamba (yang mengerjakannya). Shaum akan memohon, 'Ya Allah, aku akan menghalanginya dari makan dan minum pada siang hari, maka teimalah syafaatku ini untuknya.' Dan Al-Qur'an berkata, 'Ya Allah, aku telah menghalangi dari tidur pada malam hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.' Akhirnya kedua syafaat itu diterima." (HR. Ahmad, Ibnu Abi Dunya, dan At-Thabrani)

Dalam Kitab at-Targhib ditulis dengan tha'am dan syarab yang artinya makan dan minum, sebagaimana terjemahan di atas. Tetapi dalam riwayat Hakim kata syarab ditulis syahwat, yaitu tha'am dab syahwat yang berarti bahwa shaum itu menahan diri dari makan dan kesenangan nafsu. Ini mengisyaratkan bahwa orang yang berpuasa hendaklah menjauhkan diri dari kesenangan nafsu, walaupun hal itu dibolehkan seperti bermesraan dengan istri dan menciumnya.

Kemudian, Al-Qur'an akan datang dalam wujud seorang pemuda lalu berkata, "Akulah yang membuatmu bangun pada malam hari dan membuatmu haus pada siang hari." Mereka yang membaca Al-Qur'an sepanjang malan dan siang mendapat pujian dari Allah karena termasuk perintah-Nya. "Dan pada sebagian malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbilah kepada-Nya pada bagian yang panjang pada malam hari." (QA. Al-Insan: ayat 26)

"Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka." (QS. Al-Furqan: ayat 64)

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW dan para sahabat pada seluruh malamnya sering sibuk dengan tilawah Al-Qur'an. Diriwayatkan bahwa Utsman bin Affan RA kadangkala mengkhatamkan seluruh Al-Qur'an hanya dalam satu rakaat salat Witir.

Abdullah bin Zubair sering mengkhatamkan Al-Qur'an dalam satu malam. Sa'id bin Jubair mengkhatamkan Qur'an dalam dua rakaat salat di dalam Ka’bah. Tsabit al Banani sering mengkhatamkan Qur'an dalam sehari semalam.

Abu Syaikh Hana'i RA berkata, "Aku dapat mengkhatamkan Al-Qur'an dua kali dalam semalam ditambah sepuluh juz. Bahkan jika aku mau, aku dapat mengkhatamkannya tiga kali".

Dalam perjalanan menunaikan haji, Shalih bin Kisan mengkhatamkan Al-Qur'an dua kali setiap malamnya. Manshur bin Zadzan juga mengkhatamkan Al-Qur'an satu kali dalam salat Dhuha dan satu kali lagi antara Zhuhur dan Ashar, dan selalu menghabiskan waktu malamnya dengan shalat Nafil. Begitu lamanya ia menangis sehingga ujung sorbannya basah oleh ari mata. Selain mereka, masih banyak orang yang telah biasa melakukan amalan tersebut sebagaimana ditulis Muhammad bin Nasr dalam Kitab Qiyamul Lail.

Demikian dahsyatnya keutamaan puasa dan membaca Al-Qur'an. Kedua amalan ini merupakan kebiasaan para sahabat dan ulama salaf terdahulu. Tak heran jika kedua amalan ini mendatangkan syafaat bagi orang yang mengerjakannya. Semoga kita diberi taufik agar bisa mengamalkannya di bulan Ramadhan maupun bulan-bulan lainnya.

Wallahu A'lam Bish Showab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)