Hendak Bepergian? Amalkan Doa Bersafar Ini Agar Selalu Dalam Lindungan Allah Ta'ala

Sabtu, 03 April 2021 - 07:43 WIB
loading...
Hendak Bepergian? Amalkan Doa Bersafar Ini Agar Selalu Dalam Lindungan Allah Taala
Sebelum melakukan perjalanan jauh hendaknya seiap muslim berdoa memohon perlindungan Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di saat long weekend seperti sekarang ini, biasanya orang-orang mengisi waktunya dengan bepergian , entah ke tempat wisata atau ke tempat saudara yang jauh di tempat tinggalnya. Ketika bepergian jauh maupun dekat, pastinya kita ingin senantiasa berada dalam lindungan Allah dan selamat selamat sampai di tujuan.

Baca juga: Seperti Inilah Akal yang Dipuji Dalam Al-Qur'an

Maka dari itu, sebelum melakukan safar atau bepergian ini, kita harus melafazkan doa ketika hendak melakukan perjalanan dan melaksanakan kewajiban kita kepada Allah saat melakukan perjalanan agar selalu diberi keselamatan.

Doa melakukan perjalanan terdiri dari beberapa macam. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa yang dapat kita amalkan sebelum melakukan perjalanan ini, antara lain:



1. Doa keluar rumah

Ketika keluar dari rumah sebelum melakukan safar, hendaknya kita membaca doa ini terlebih dahulu:

بِاللَّه إِلاَّ قُوَّةَ وَلا حَوْلَ وَلا ،اللَّهِ عَلَى وَكَّلْتُتَ ، اللَّهِ بِسْمِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja."



2. Doa bersafar (bepergian jauh)

Setelah keluar rumah dan hendak bepergian jauh, maka alangkah baiknya juga membaca doa ni:

الْاَهْلِ وَالْخَلِيْفَةُفِى السَّفَرِ فِى الصَّاحِبُ اَنْتَ اَللّٰهُمَّ عَنَّابُعْدَهُ وَاطْوِ هَذَا سَفَرَنَا عَلَيْنَا هَوِّنْ اَللّٰهُمَّ

“Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli”.



Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

3. Doa ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan

Ketika bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan, alangkah baiknya membaca doa berikut ini:

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)