6 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Kamis, 08 April 2021 - 18:23 WIB
loading...
A A A


4. Pada bulan ini terjadi peristiwa besar yaitu perang Badar, yang pada keesokan harinya Allah membedakan antara yang haq dan yang batil. Sehingga menanglah Islam dan kaum Muslimin serta hancurlah syirik dan kaum Musyrikin.

5. Pada bulan suci ini terjadi pembebasan kota Makkah al-Mukarromah, dan Allah memenangkan Rasul-Nya, sehingga masuklah manusia ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong dan Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam-menghancurkan syirik dan paganisme (keberhalaan) yang terdapat di kota Makkah, dan Makah pun menjadi Negeri Islam.

6. Pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan para setan diikat.

Betapa banyak berkah dan kebaikan yang terdapat dalam bulan Ramadhan. Maka kita wajib memanfaatkan kesempatan ini untuk bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya dan beramal shaleh, semoga kita termasuk orang-orang yang diterima amalnya dan beruntung.



Perlu diingat, bahwa ada sebagian orang –semoga Allah menunjukinya- mungkin berpuasa tetapi tidak shalat, atau hanya sholat pada bulan Ramadhan saja. Orang seperti ini tidak berguna baginya puasa, haji maupun zakat. Karena sholat adalah tiang agama Islam yang ia tidak dapat tegak kecuali dengannya. Sabda Nabi-shallallahu ‘alaihi wa sallam-,

“Jibril datang kepadaku dan berkata, Wahai Muhammad, siapa yang menjumpai bulan Ramadhan, namun setelah bulan itu habis dan ia tidak mendapat ampunan, maka jika mati ia masuk Neraka. Semoga Allah menjauhkannya. Katakan : Amin !. Aku pun mengatakan : Amin.” (HR. Ibnu Khuzaemah dan Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Maka seyogyanya waktu-waktu pada bulan Ramadhan dipergunakan untuk berbagai amal kebaikan, seperti sholat, sedekah, membaca al-Qur’an, zikir, doa dan istighfar. Ramadhan adalah kesempatan untuk menanam bagi para hamba Allah, untuk membersihkan hati mereka dari kerusakan.



Juga wajib menjaga anggota badan dari segala dosa seperti berkata yang haram, melihat yang haram, mendengar yang haram, minum dan makan yang haram, agar puasanya menjadi bersih dan diterima serta orang yang beruasa memperoleh ampunan dan pembebasan dari api Neraka.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)