6 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

loading...
6 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan
Ibadah puasa di bulan Ramadhan sangat istimewa, karena Allah taala telah menjadikan ibadah puasa khusus hanya untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya. Foto ilustrasi/ist
Muslimah, seperti diketahui bahwa ibadah puasa apalagi di bulan Ramadhan merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, dilipatgandakan kebaikan , dan pengangkatan derajat.

Baca juga: Inilah Tipe Suami Terburuk Dalam Islam

Kenapa ibadah puasa Ramadhan sangat penting? Karena Allah ta’ala telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya. Sebagaimana Firman Allah dalam hadis qudsi yang disampaikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang-orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada aroma kesturi” (Hadis Muttafaq ‘Alaih)

Baca juga: Saat Istri Cemburu, Bagaimana Sikap Suami?



Dan sabda Nabi-shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Hadis Muttafaq ‘Alaih).

Namun untuk memperoleh ampunan dengan puasa Ramadhan ini memiliki syarat-syaratnya. Dikutip dari Kitab 'Risalah Ramadhan', Syaikh Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim al-Jarullah menyebutkan, ada dua syarat utama agar bisa memperoleh ampunan dengan puasa Ramadhan, yakni: pertama, mengimani dengan benar akan kewajiban ini, serta mengharap pahala karenanya di sisi Allah Ta’ala.

Baca juga: Doa Agar Dilancarkan Proses Persalinan

Selain sebagai bulan ibadah puasa, Ramadhan juga memiliki keistimewaan lainnya, seperti berikut ini:

1. Pada bulan Ramadhan diturunkan al-Qur’an sebagai petunjuk bagi ummat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk dan pembeda antara yang hak dan yang batil.

2. Pada bulan ini disunnahkan sholat tarawih, yakni sholat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi-shallallahu ‘alaihi wasallam– para sahabat dan Khulafaur Rasyidin. Sabda Nabi-shallallahu ‘alaihi wa sallam-

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa mendirikan sholat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Hadis Muttafaq ‘Alaih)

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Ini 14 Titik Pintu Masuk di Jateng yang Ditutup

3. Pada bulan ini terdapat Lailatul Qadar (malam mulia), yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, doa dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Sabda Nabi-shallallahu ‘alaihi wasallam- :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa mendirikan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Hadis Muttafaq ‘Alaih)
halaman ke-1
cover top ayah
اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌
Allah tempat meminta segala sesuatu.

(QS. Al-Ikhlas:2)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!