Amalan Agar Bisa Mimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW

Senin, 20 April 2020 - 17:24 WIB
loading...
Amalan Agar Bisa Mimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW
Semua kaum muslimin pasti mendambakan bisa bermimpi bertemu baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Foto/dok SINDOnews
A A A
Banyak di antara kaum muslimin bertanya apa amalan agar bisa bermimpi bertemu baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam (SAW). Berikut penjelasan Al-Habib Hamid bin Ja'far Al-Qadri dalam tausiyah online yang membahas Kitab "Syama'il Muhammadiyyah".

Ada beberapa hadis Rasululah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan: "Barangsiapa yang melihatku dalam mimpi, maka sungguh ia telah melihat aku karena setan tidak bisa menyerupai diriku".

Riwayat lain, beliau SAW besabda: "Siapa yang bertemu aku dalam tidurnya maka akan menemui aku dalam kenyataan."

Lalu, bagaimana agar kita bisa bermimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam? Syeikh Umar Hasan Al-Haddad mengatakan di antara hal itu disebutkan harus ada ikatan secara qalbiyah atau kerinduan yang luar biasa ingin berjumpa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Ada 100 cerita mimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Salah satunya siapa membaca Surat At-Thariq 40 kali sebelum tidurnya insya Allah bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Surah At-Thariq (Yang Datang di Malam Hari) adalah surah ke-86 dalam Al-Qur'an terdiri dari 17 ayat.

Amalan lain disebutkan setelah Salat Isya dan salawat 1000 kali, baca Surah Al-Kautsar insya Allah bertemu Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam dalam tidurnya.

Dikatakan Syeikh Ibrahim Al-Bajuri dalam Kitab Syarah Al'lal Burqah baca syair salawat sampai tidur insya Allah akan berjumpa Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam. Sedangkan jika ia tenggelam dalam bacaannya mungkin ia tidak bisa tidur.

"Artinya bagaimana mungkin kelopak mata ini terpejam, sedangkan rasa cinta saling bertentangan. Capek pengen tidur, tapi cinta ingin senantiasa shalawat," terang Habib Hamid.

Selain itu bisa mengamalkan salawat Al-Habib Ali Al-Habsyi (pengarang Kitab Maulid Simthudduror) juga bisa bertemu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam tidurnya.

Kisah Hikmah
Dikisahkan, ada seorang murid datang menemui gurunya, ia katakan, "Ya tuan guru kasih amalan agar bisa berjumpa dengan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dalam tidurku". Lalu dikasih amalan oleh gurunya.

"Gimana sudah belum? Belum ya guru. Dikasih lagi amalan kedua: "sudah mimpi belum?", "belum ya guru." Dikasih amalan ketiga kalinya dan ia baca lagi karena tidak mimpi.

Kenapa tidak kunjung mimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam? Kalau begitu kau tinggal di rumah saya nanti malam kata gurunya, insya Allah kamu bermimpi.

Pas malam tiba, saat makan malam sang murid makan makanan asin yang disuguhkan gurunya. Saat muridnya keasinan muridnya ingin minum. "Kamu mau mimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam?", "Ya guru". "Jangan minum".

Ketika masuk kamar tidur, sebelum tidur gurunya membawa air es seraya berkata: "Pandanglah air ini tapi jangan diminum". Lihatin saja dan akhirnya muridnya tertidur.

Saat Subuh, si murid bertemu gurunya. "Aku melihat air terjun deres airnya jernih". Gurunya berkata: "Saat mau tidur kamu rindu pada air". Seandainya kamu rindu pada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam seumpama kerinduanmu dan kebutuhanmu pada air itu.

Maka bacalah riwayat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, ikuti jejak sunnah beliau dan cinta kepada orang-orang yang dicintai, insya Allah kita akan didatangi Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Mudah-mudahan Allah Ta'ala tidak menghalangi kita bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam meskipun dalam mimpi.

Wallahu A'lam Bish Showab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)