Ucapan dan Doa Ulang Tahun Dalam Pandangan Syariat

loading...
Ucapan dan Doa Ulang Tahun Dalam Pandangan Syariat
Ucapan barakallah fii umrik kepada seseorang yang tengah berulang tahun, adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia yang merupakan berkah dari Allah SWT. Foto istimewa
Ucapan 'Barakallah Fii Umrik', seringkali kita dengar bila ada teman, rekan kerja atau saudara yang tengah berulang tahun. Ucapan ini juga biasa disebar di medsos atau di grup-grup whatsapp dan sejenisnya kepada siapa saja dengan maksud mendoakan kepadanya semoga Allah melimpahkan dan memberkahi atas umurmu.

Bacaan 'barakallah fii umrik' dalam bahasa Arab:

براك الله في عمرك

Artinya : “Semoga Allah memberkahi umurmu.”

Baca juga: Takut Kepada Makhluk Ghaib? Hati-hati Terjerumus Syirik



Dikutip dari doaharianislami.com dijelaskan bahwa kalimat 'barakallah fii umrik' ini bisa diucapkan kepada siapa pun dengan maksud mendoakan semoga Allah melimpahkan dan memberkahi atas umurmu. Ucapan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia yang merupakan berkah dari Allah SWT. Dengan usia yang bertambah, bisa berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang Lain." (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, Ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami No : 3289).

Baca juga: Memakmurkan Masjid dan Balasan Pahala yang Mengamalkannya

Kita dapat mengambil kesimpulan dari hadis di atas, bahwa memberikan ucapan selamat ulang tahun yang bermakna baik, juga merupakan amal perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu mengucapkan selamat ulang tahun dengan mengucapkan "Barakallah Fii Umrik", ucapan selamat ulang tahun Islami juga baik. Dari pada hanya mengucapkan selamat ulang tahun saja tanpa mengandung arti apa-apa.

Selain itu, ketika kita menerima ucapan "Barakallah Fii Umrik" dari orang lain, Maka kita dianjurkan untuk menjawabnya. Apa ucapan jawabanya? Kita dapat membalasnya dengan ucapan "Wa Fiika Barakallah" jika yang mengucapkan seorang laki-laki dan "Wa Fiiki Barakallah" jika yang mengucapkan seorang perempuan. Kedua kata tersebut mempunyai arti yang sama yaitu " Semoga Allah juga memberkahimu."

Penggunaan kata "ka" dan "ki" dalam kalimat "fiika" dan "fiiki", Penggunaan kata fiika sebagai ucapan kepada laki-laki dan fiiki diucapkan untuk perempuan.

Baca juga; Inilah Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan

Selain membalas dengan ucapan tersebut kita juga bisa membalas dengan ucapan "Jazakallahu Khairan", artinya "Semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik" atau bisa juga menjawab dengan ucapan "Syukron" yang artinya terimakasih.

Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik?

Hari ulang tahun merupakan hari bertambahnya umur, dan hari itu merupakan hari yang spesial bagi orang tersebut. Sebagai seorang muslim yang baik peduli terhadap orang lain merupakan perbuatan yang dianjurkan dan tidak dilarang. Selain mengucapkan ulang tahun secara islami memberikan hadiah ialah perbuatan yang baik.Seperti dalam sebuah hadist berikut ini, yang artinya:

"Rasulullah biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya" (HR. Bukhari, no. 2585)

Berdasarkan hadis ini, memberikan hadiah atau mengucapkan selamat ulang tahun merupakan sesuatu yang baik. Dan perbuatan ini sangat dianjurkan karena dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama.
halaman ke-1
cover top ayah
اَفَاَمِنَ اَهۡلُ الۡـقُرٰٓى اَنۡ يَّاۡتِيَهُمۡ بَاۡسُنَا بَيَاتًا وَّهُمۡ نَآٮِٕمُوۡنَؕ‏
Apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang malam hari ketika mereka sedang tidur?

(QS. Al-A’raf:97)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!