Rebo Wekasan: Berikut Ini 8 Ayat Keselamatan, Azimat yang Ditulis pada Janur

Kamis, 29 Agustus 2024 - 09:49 WIB
loading...
Rebo Wekasan: Berikut...
Ayat-ayat yang dituliskan di Janur ini merupakan ayat-ayat Al-Quran yang berisi tentang keselamatan. Ilustrasi: Ist
A A A
Tradisi Rebo Wekasan atau hari Rabu terakhir di bulan Safar masih banyak diselenggarakan di Indonesia. Salah satunya di Pondok Pesantren MQHS Al-Kamaliyah Babakan Ciwaringin Cirebon, Jawa Barat .

Prosesi ritual tradisi Rebo Wekasan juga cukup panjang. Media yang digunakan dalam pelaksanaan ritual ini pun, terdapat berbagai macam media. Salah satunya adalah janur.

Siti Nurjannah dalam karya tulisnya berjudul "Living Hadis: Tradisi Rebo Wekasan di Pondok Pesantren MQHS Al-Kamaliyah Babakan Ciwaringin Cirebon" menceritakan bagaimana prosesi Rebo Wekasan di pesantren tersebut digelar.

"Pondok MQHS Al-Kamaliyah Babakan Ciwaringin Cirebon tidak terlepas dari tradisi leluhur yang turun temurun dari generasi ke generasi," ujar Kiai Zamzami Amin, pengasuh dan pendiri pesantren tersebut sebagaimana dikutip Siti Nurjanah.



Media janur atau daun kelapa yang masih muda digunakan sebagai media untuk menuliskan ayat-ayat yang berisi tentang keselamatan . Janur bisa juga diganti dengan kertas ketika tidak didapatkan atau sulit didapatkan.

Menurut Kiai Zamzami Amin, zaman dahulu kertas masih sangatlah susah untuk didapatkan, kemudian para Wali sanga mempunyai inisiatif untuk menuliskan azimat pada janur, karena daun kelapa muda ini dinilai mudah untuk menuliskan azimat doa-doa .

Ayat-ayat yang ditulis pada janur:

سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِۗ
سَلٰمٌۗ قَوْلًا مِّنْ رَّبٍّ رَّحِيْمٍ
سَلٰمٌ عَلٰى نُوْحٍ فِى الْعٰلَمِيْنَ.اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ
سَلٰمٌ عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ.كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ
سَلٰمٌ عَلٰى مُوْسٰى وَهٰرُوْنَ.اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ
سَلٰمٌ عَلٰٓى اِلْ يَاسِيْنَ.اِنَّا كَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ
سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ
سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ


Menurut Kiai Zamzami, ayat-ayat yang dituliskan di Janur ini merupakan ayat-ayat Al-Qur'an yang berisi tentang keselamatan. Ayat-ayat ini disebut dengan ayat salamun atau salamah.



Karena menurutnya, Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam merupakan kitab yang sangat sakti yang di dalamnya mengandung banyak hal, termasuk untuk obat, petunjuk dan juga bisa untuk sebagai keselamatan.

Dalam penulisan ayat-ayat keselamatan ini, kata Kiai Zamzami, ada syarat dan tata caranya. Penulisan ayat tersebut tidak boleh rapet pada huruf-huruf arab yang berlubang, seperti huruf (mim, ha, fa, qaf).

Harus dikasih jeda pada huruf-huruf yang berlubang. Penulis azimat haruslah dalam keadaan suci dan mempunyai wudhu. Perempuan yang sedang haid tidak diperkenankan untuk menulis ayat ini pada janur.

Penulis azimat juga harus menutup auratnya ketika menuliskannya pada janur. Menuliskan ayat ini harus menghadap kiblat.

Penulisan huruf yang berlubang tidak boleh rapat karena diyakini bahwa di dalam jeda tulisan tersebut ada malaikat-malaikat yang akan menjaga dan menghalangi datangnya bencana.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3620 seconds (0.1#10.140)