Mustajabnya Berdoa di 4 Waktu Bulan Ramadhan Ini

Rabu, 14 April 2021 - 06:29 WIB
loading...
A A A
3.Waktu berbuka puasa

Di dalam Al-Qur’an, terdapat sebuah ayat yang membahas umum perihal doa. Namun menurut Ibnu Katsir, ayat tersebut turun di antara penyebutan hukum puasa.



Berikut bunyi ayatnya, Rabb Ta’ala berfirman, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya memaparkan bahwa perihal doa dalam ayat tersebut menunjukkan anjuran untuk memperbanyak doa. “(Adanya) anjuran memperbanyak doa ketika bulan itu sempurna, bahkan diperintahkan memperbanyak doa di setiap kali berbuka puasa.”

4.Pada malam Lailatul Qadr

Di malam turunnya Al Qur’an, yakni malam Lailatul Qadr, panjatkanlah hajat karena saat itulah waktu mustajabnya doa. Inilah waktu yang lebih utama dari seribu bulan. Seperti yang Allah firmankan, “Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan.” (QS. Al Qadr: 3).



Terdapat doa khusus yang diajarkan nabi saat malam Lailatul Qadr. Dari ‘Aisyah radhiyallahu'anha, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah; Jika saja ada hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadar, apa doa yang mesti kuucapkan?” Rasulullah menjawab, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Berdoa termasuk dalam upaya memperbanyak amalan di malam Lailatul Qadr. Dibolehkan pula memanjatkan doa selain yang diajarkan nabi. Namun doa yang dianjurkan Rasulullah tentu lebih utama.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)