Tidur Qailullah, Sunnah Rasulullah yang Banyak Manfaatnya

Minggu, 18 April 2021 - 11:31 WIB
loading...
A A A
2. Meningkatkan produktivitas

Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja.



3. Mengobati insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

4. Menurunkan stres

Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.



5. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang yang pendek bisa mengurangi risiko penyakit seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Berapa lama durasi tidur di siang hari yang tepat? Umumnya, lama yang disarankan untuk tidur siang adalah sekitar 20-30 menit saja. Ini didukung oleh data penelitian dari City University of New York, pada tahun 2010. Berikut penjelasan lengkapnya:
- Durasi tidur 10 menit, mengurangi kelelahan dan meningkatkan ketajaman otak selama 2,5 jam
- Durasi tidur 20 menit, meningkatkan reaksi dan performa otak pada kegiatan yang melibatkan angka
- Durasi tidur 30 menit, membuat mengantuk selama 5 menit pertama setelah bangun, tapi kemudian segar selama 90 menit berikutnya



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)