Tidur Qailullah, Sunnah Rasulullah yang Banyak Manfaatnya

loading...
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

2. Meningkatkan produktivitas

Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja.

Baca juga: Ini Poin-Poin yang Disampaikan Anies hingga Berhasil Memengaruhi Sekjen PBB

3. Mengobati insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

4. Menurunkan stres

Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

Baca juga: Pemerintah Diminta Antisipasi Keterlambatan Bahan Pokok

5. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang yang pendek bisa mengurangi risiko penyakit seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Berapa lama durasi tidur di siang hari yang tepat? Umumnya, lama yang disarankan untuk tidur siang adalah sekitar 20-30 menit saja. Ini didukung oleh data penelitian dari City University of New York, pada tahun 2010. Berikut penjelasan lengkapnya:
- Durasi tidur 10 menit, mengurangi kelelahan dan meningkatkan ketajaman otak selama 2,5 jam
- Durasi tidur 20 menit, meningkatkan reaksi dan performa otak pada kegiatan yang melibatkan angka
- Durasi tidur 30 menit, membuat mengantuk selama 5 menit pertama setelah bangun, tapi kemudian segar selama 90 menit berikutnya

Baca juga; Siklon Tropis Surigae Menjadi Taifun, Waspada Cuaca Ekstrim di Sejumlah Wilayah

Wallahu A'lam
(wid)
halaman ke-2
cover top ayah
فَقَضٰٮهُنَّ سَبۡعَ سَمٰوَاتٍ فِىۡ يَوۡمَيۡنِ وَاَوۡحٰى فِىۡ كُلِّ سَمَآءٍ اَمۡرَهَا‌ ؕ وَزَ يَّـنَّـا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ ‌ۖ وَحِفۡظًا ‌ؕ ذٰ لِكَ تَقۡدِيۡرُ الۡعَزِيۡزِ الۡعَلِيۡمِ
Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.

(QS. Fussilat:12)
cover bottom ayah
preload video