Selama Ramadhan, Masjid Al Aqsha Delatinos Bagikan Bingkisan Senilai Rp500 Juta

Senin, 03 Mei 2021 - 16:48 WIB
loading...
Selama Ramadhan, Masjid Al Aqsha Delatinos Bagikan Bingkisan Senilai Rp500 Juta
Masjid Al Aqsha Delatinos BSD sepanjang Ramadhan 1442 Hijriah membagikan sebanyak 3.438 bingkisan senilai total Rp515.700.000.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Masjid Al Aqsha Delatinos BSD sepanjang Ramadhan 1442 Hijriah membagikan sebanyak 3.438 bingkisan senilai total Rp515.700.000. Bingkisan berisi bahan pokok ini dibagikan kepada kepada kaum dhuafa, yayasan yatim piatu, pesantren serta mereka yang menjadi subsistem pendukung kehidupan di lingkungan Delatinos BSD (mulai dari asisten rumah tangga, penyapu jalan, sekurity sampai ojek).

Pembagian bingkisan share & care bertitel ‘Ramadhan Mabrur’ ini sudah ditunggu banyak pihak dilingkungan Delatinos. Bingkisan itu terdiri dari beras, minyak goreng, mi dan beberapa bahan pangan lain sangat berarti saat pandemi.

“Kami harus menyediakan berasnya saja 17 ton,” ungkap Sekjen Masjid Al Aqsha Delatinos, Yayan Mulyana. Kegiatan yang langsung di bawah biro sosial Masjid Al Aqsha ini memang bukan pekerjaan kecil, karena persiapan dan pembagian dengan protap kesehatanpun harus dijalani.

“Kalau dulu, bisa sehari selesai, kini, kami butuh seminggu untuk mendistribusikan bingkisan ini,” kata Yayan. Dia menjelaskan, yang paling penting adalah tidak ada kerumunan di masjid, namun orang tetap bahagia menerima bingkisan. Baca; Berpuasa Perkuat Pengendalian Diri dan Toleransi

Maka tak heran jika, beberapa pengurus juga turun langsung untuk memberikan bingkisan yang sebagian didrop ke rumah-rumah tempat PRT dan driver bekerja. Begitu juga untuk 15 RT di tiga kelurahan, Rawabuntu, Serpong dan Setu.

Pembagian ini merupakan kegiatan rutin saat Ramadhan sejak tahun 2014. Maka tak heran jika acara ini selalu ditunggu banyak orang. Yang menarik, bahwa sejak hulu sampai hilir, semua ditangani oleh masjid bersama AqshaMart, devisi supermarket di bawah masjid.

“Ini adalah langkah berbagi yang dananya dihimpun dari jamaah saat bulan ramadhan, lalu dirupakan barang oleh AqshaMart, lalu dibagikan kepada mereka disekitar Delatinos,” kata Abu Humaira, ketua DKM Masjid Al Aqsha Delatinos.

Meskipun tahun 2021 ini DKM berhasil membagi 3.438 bingkisan, tapi jumlah itu sedikit turun dibanding tahun 2020 yang mencapai 3.551 bingkisan. Meski begitu jumlah itu masih tergolong tertinggi kedua dalam sejarah pengumpulan bingkisan.

Juwargani, salah satu driver di kawasan komplek Delatinos mengaku salut, karena bingkisan ini selalu datang menjelang hari raya. “Lumayan buat tambahan Lebaran di rumah,” katanya. Kini saat sulit seperti ini, share & care menjadi salah satu program andalan, selain pemberian takjil dan buka kepada pemakai jalan, bedah rumah dan beberapa program unggulan lain.

Abu Humaira mengatakan, ini adalah gambaran tanggungjawan jamaah masjid kepada saudara-saudaranya yang dekat dengan masjid. “Ini implementasi bahwa masjid bisa digunakan untuk saling membantu dan meningkatkan kepekaan terhadap sekitar, apalagi saat pandemi seperti ini.,” ucapnya.
(hab)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)