Doa-doa Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Sabtu, 08 Mei 2021 - 09:36 WIB
loading...
Doa-doa Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadhan
Ketika Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berdoa di hari-hari terakhir Ramadhan maka pastilah doa yang paling utama yang dipanjatkannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bulan puasa adalah bulan pengabulan doa . Di dalamnya ada sepertiga malam yang mustajab , dan kaum muslimin pada hari ini banyak melakukan ketaatan baik shalat, membaca al-Quran, bersedekah, dan lain sebagainya sehingga ijabah doa semakin dekat. Terlebih di waktu 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari-hari terakhir Ramadhan ini pun berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Menurut Ustadz Abdul Halim Tri Hantoro,ketika Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berdoa di hari-hari terakhir Ramadhan maka pastilah doa yang paling utama yang dipanjatkannya.



Disebutkan di dalam sebuah hadis tentang perdebatan malaikat tertinggi, di mana Allah subhanahu wata’ala berkata kepada Nabi-Nya,

سَلْ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

قُلْتُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ، وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ، وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ، وَأَنْ تَغْفِرَ لِي وَتَرْحَمَنِي، وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةً فِي قَوْمٍ فَتَوَفَّنِي غَيْرَ مَفْتُونٍ، وَأَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ

“…Mintalah!”

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa:

Ya Allah, sesungguhnya aku meminta-Mu berbuat kebaikan, meninggalkan kemungkaran, mencintai orang-orang miskin, ampunilah aku dan rahmatilah aku, bila Engkau menghendaki suatu fitnah pada hamba-hamba–Mu, wafatkan aku kepadaMu dalam keadaan tidak terkena fitnah, aku mengharap cinta–Mu, cintanya orang yang mencintai–Mu, cinta pada amalan yang mendekatkanku pada cinta–Mu.” (HR. Tirmidzi)



Ustadz Abdul Halim Tri Hantoro,yang juga mahasiswa pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam di IAIN Surakarta. Konsentrasi di bidang Tafsir, Hadits dan Tazkiyah.ini menjelaskan, inilah doa Rasulullah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan:

1. Doa memohon kebaikan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta-Mu berbuat kebaikan.”

Doa seperti ini merupakan doa yang paling mencakup dan paling baik. Meminta kepada Allah subhanahu wata’ala supaya diberikan kemampuan untuk senantiasa melakukan kebajikan.

Jika seseorang telah ditetapkan kemampuannya melakukan kebajikan, maka dialah orang yang menang dan orang yang beruntung. Oleh karena itulah Allah subhanahu wata’ala memerintahkan, فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ “Berlomba-lombalah kalian dalam kebajikan.” (QS. Al-Baqarah: 148)

Allah subhanahu wata’ala memuji para Nabi-Nya dengan menyebutkan sifat mereka,

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ

“Sesungguhnya mereka (para Nabi) itu senantiasa bersegera di dalam kebajikan.” (Qs. Al-Anbiya’: 90)

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4126 seconds (0.1#10.140)