Semangat Idul Fitri dan Perkuat Solidaritas Kemanusiaan serta Kebangsaan

Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:48 WIB
loading...
Semangat Idul Fitri dan Perkuat Solidaritas Kemanusiaan serta Kebangsaan
semangat idul fitri dapat diwujudkan dalam menyuarakan solidaritas kemanusiaan dengan tetap merawat solidaritas kebangsaan dan kebinekaan yang ada. Foto/Ilutrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Momentum Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan kebahagian. Namun ternyata tidak semuanya merasakan kemenangan dan kebahagiaan terutama mereka yang berada di daerah konflik seperti di Palestina.

Di momentum hari fitri ini, semangat idul fitri dapat diwujudkan dalam menyuarakan solidaritas kemanusiaan dengan tetap merawat solidaritas kebangsaan dan kebinekaan yang ada.

Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. KH Ali M Abdillah mengatakan momentum Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan memanasnya masalah Palestina-Israel.

Menurut dia, ada tiga hal yang bisa dilakukan bangsa Indonesia untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina yaitu dengan doa, diplomasi dan bantuan kemanusiaan.

”Karena persoalan Palestina ini ibarat benang kusut, posisi rakyat Palestina terjepit satu sisi antara konflik politik antara elit Palestina seperti fraksi Hamas dan Fatah yang sampai sekarang tidak kunjung selesai. Kemudian di sisi lain dihimpit oleh predator israel,” tutur KH Ali M Abdillah di Jakarta, Kamis 20 Mei 2021.

Oleh karena itu, dia mengungkapkan langkah yang telah diambil oleh pemerintah Indonesia melalui OKI sudah tepat. Mendukung Palestina melalui prosedur diplomasi internasional secara tepat danterukur. Apalagia Ali menjelaskan bahwa OKI juga banyak dikritik karena selama ini tidak bisa berbuat apa-apa dalam membantu palestina.

”Suaranya terlalu lemah dan tidak punya kekuatan untuk bisa diperhatikan oleh pihak Israel. Padahal OKI ini kan gabungan negara-negara muslim,” jelas pria yang akrab disapa Kiai Ali ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)