Agar Terhindar dari Penyakit ‘Ain Menurut Al-Qur'an dan Hadist

loading...
Agar Terhindar dari Penyakit ‘Ain Menurut Al-Quran dan Hadist
Ilustrasi/Ist
DALAM ajaran Islam dikenal berbagai kekuatan supranatural yang dimiliki oleh sebagian orang. Salah satu di antara berbagai kekuatan supranatural tersebut adalah wujudnya ‘ain .

Baca juga: Disebut Pakai Ilmu Hitam, Sule: Terserah, Saya Punya Tuhan

M. Saifudin Hakim & Siti Aisyah Ismail dalam buku 'Thibbun Nabawi' menyebutkan penyakit ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang hasad (dengki) atau kagum (takjub) kepada anak-anak.

Perihal tentang nyatanya wujud ‘ain ini, ditegaskan oleh Rasulullah dalam salah satu haditsnya:

الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَىْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ

“Ain itu nyata (Haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ‘ain akan mendahuluinya” (HR Muslim).

Orang yang terkena penyakit ain akan mengalami gangguan bahkan kematian. Sebagaimana dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah dalam fatwanya sebagai berikut:

"Ain dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut. (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Baca juga: Begini Doa Pelindung Diri Dari Ilmu Hitam

Syekh Ibnu Hajar al-‘Asqalany, dalam Fath al-Bari, mengatakan ’ain adalah pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang yang memiliki tabiat buruk yang mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya” (, juz 10, h. 200).
halaman ke-1
cover top ayah
وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَاۤ اَمۡوَالُكُمۡ وَاَوۡلَادُكُمۡ فِتۡنَةٌ  ۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ عِنۡدَهٗۤ اَجۡرٌ عَظِيۡمٌ
Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.

(QS. Al-Anfal:28)
cover bottom ayah
preload video