Buya Yahya: Jangan Salah Kaprah, Inilah Musuh Islam yang Sebenarnya

loading...
Buya Yahya: Jangan Salah Kaprah, Inilah Musuh Islam yang Sebenarnya
Buya Yahya memberi penjelasan tentang makna Al-Wala wal-Baro saat kajian bersama santrinya. Foto/dok Al-Bahjah Tv
Umat Islam sering dibuat bingung dan banyak yang salah kaprah memaknai istilah Al-Wala' Wal-Baro' (ٱلْوَلَاءُ وَٱلْبَرَاءُ‎). Lalu, siapa musuh Islam yang sebenarnya?

Islam memang memerintahkan umatnya untuk loyal kepada sesama Muslim dan melarang untuk loyal kepada orang kafir. Tetapi dalam praktiknya, banyak yang salah kaprah. Mari kita simak penjelasan Buya Yahya (Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah) saat mengisi kajian bersama santrinya.

Baca Juga: Sayangilah Orang di Bumi Niscaya yang di Langit Akan Mengasihimu

Seorang jamaah dari Samarinda bertanya kepada Buya Yahya tentang makna Al-Wala' wal-Baro' yang sering dikutip beberapa Ustaz. "Apakah akidah Aswaja Al-Asy'ariyah mengenal istilah tersebut?"

Buya Yahya Menjawab:
Secara khusus tidak ada Bab khusus yang membahas istilah itu dalam Kitab Aqidah. Akan tetapi, maknanya sudah dipahami oleh semua yang mempelajari akidah yang benar. Al-Wala' secara harfiah adalah kecintaan (loyalitas). Sementara Al-Bara' adalah cuci tangan, bebas (berlepas diri).

Artinya, siapakah orang yang harus kita bela dan kita cintai dan siapakah yang harus kita perangi dan kita musuhi. Bahasanya seperti itu. Yang jadi masalah sekarang ketika ada oknum orang Islam menyalahgunakan istilah itu untuk memusuhi semua orang.

Misalnya, setiap orang kafir harus jadi musuh kita. Ini keliru karena kita mengenal namanya ahlu dzimmah, yaitu orang-orang kafir Yahudi dan Nasrani yang hidup berdampingan dengan umat Islam. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk menghormati mereka.

Di zaman sekarang ada kelompok yang mudah mengkafirkan orang. Mereka berdasarkan istilah di atas, tetapi disalahgunakan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَىٰ أَوْلِيَاءَ ۘ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sungguh orang itu termasuk golongan mereka. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (Surat Al-Ma'idah ayat 51)
halaman ke-1
cover top ayah
سَنَدۡعُ الزَّبَانِيَةَ
Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa),

(QS. Al-'Alaq:18)
cover bottom ayah
preload video